Deretan Janji Manis Anies, Prabowo dan Ganjar di Arena Debat Pilpres 2024

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 12 Desember 2023 22:25 WIB
Capres Ganjar Pranowo (kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Anies Baswedan (kanan) dalam arena debat pilpres 2024 (Foto: Dok MI)
Capres Ganjar Pranowo (kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Anies Baswedan (kanan) dalam arena debat pilpres 2024 (Foto: Dok MI)
Jakarta, MI - Debat perdana calon presiden (capres) dalam pemilu presiden (pilpres) 2024 berlangsung seru. Bahkan para capres mengumbar janjinya lewat acara itu.
Capres yang berdebat yaitu Anies Baswedan (nomor urut 1), Prabowo Subianto (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (nomor urut 3).

Debat capres dimulai sekitar pukul 19.30 WIB. Untuk pelaksanaan debat perdana, topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. 

Debat ini berlangsung selama 150 menit (sudah termasuk jeda iklan 30 menit). Debat perdana capres 2024 disiarkan di sejumlah televisi nasional, termasuk saluran resmi KPU di YouTube.

Adapun janji manis para capres 2024 dalam arena debat itu adalah sebagai berikut:

Anies Baswedan

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengkritik situasi penegakan hukum di Indonesia. Ia menggaungkan "perubahan".

Menurut Anies, penegakan hukum yang dijalankan pemerintah saat ini, sering tidak sesuai dengan prinsip hukum lantaran hukum bukan dijalankan oleh negara akan tetapi kekuasaan.

"Dalam negara kekuasaan, hukum diatur oleh penguasa dan kita tidak menginginkan itu. Hukum harusnya tegak, tapi kenyataannya bengkok," kata Anies.

Anies juga mengkritik tindakan penangkapan dan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian ketika menangani aksi demonstrasi mahasiswa beberapa waktu lalu semisal penolakan RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan omnibus law cipta kerja.

 "Saat itu, aparat polisi menembakkan gas air mata," jelas Anies.

Ia juga mencontohkan sejumlah kasus yang tidak tuntas, seperti kasus Mega Suryani Dewi seorang ibu rumah tangga yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pada September lalu, dan kasus meninggalnya seorang anak Harun Al Rasyid pada Mei 2019 silam.

Dalam kesempatan itu, Anies berjanji bakal merevisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 Tujuannya untuk memperkuat KPK agar pelaku korupsi ditangkap.

Selain, merevisi lagi UU KPK, Anies juga berjanji bisa mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset.

 "Selain itu, diberikan imbalan kepada mereka yang membantu melakukan pelaporan, penyelidikan sehingga ketika melaporkan, kita akan melibatkan partisipasi masyarakat."

"Itu dibolehkan di dalam undang-undang. Bukan hanya aparat penegak hukum (APH) tetapi seluruh rakyat ikut memerangi korupsi," ujar Anies.

Selain itu, Anies juga mendorong agar standar etika bagi pimpinan KPK adalah standar yang tertinggi.

Prabowo Subianto

Ketika menyampaikan visi misi bidang hukum, HAM dan pemerintahannya, Prabowo Subianto mengatakan, akan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki, menegakkan apa yang perlu ditegakkan, dan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

"Saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, hukum dan HAM," kata Prabowo.

Prabowo memastikan akan memberantas korupsi sampai pada akarnya jika terpilih pada Pilpres 2024.

Prabowo menegaskan tindakan korupsi membuat banyak rakyat sengsara lantaran adanya dampak yang ditimbulkan.

"Kita bertekad memberantas korupsi sampai ke akarnya. Memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya saudara-saudara sekalian saya kira demikian yang saya sampaikan."

"Program kita baik, tujuan kita baik, keinginan kita baik mari kita berbuat kebaikan demi rakyat," kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan semua pihak harus terlibat dalam pemberantasan korupsi.

Dalam kesempatan tersebut Prabowo juga mengajak rakyat untuk bersama-sama mengawasi kebijakan yang telah berjalan agar bisa sesuai target dan memberikan manfaat.

"Kita butuh persatuan dan kesatuan kita tidak perlu saling menghasut saling mencela saling menghina demi rakyat kita yang kita cintai, kita butuh kesejukan ketenangan keutuhan kita negara majemuk," jelas Prabowo.

Prabowo mantan jenderal kopasus yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu memastikan rakyat Indonesia bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan peningkatan ekonomi.

Menurutnya rakyat Indonesia dijamin oleh Undang-Undang Dasar dan berhak mendapat perlindungan dari negara.

“Di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara kerusuhan. Indonesia masih aman, di Indonesia masih terkendali harga-harga masih terkendali ekonomi untuk rakyat kita masih aman karena apa? karena kepemimpinan, karena apa? karena manajemen negara yang berhasil," ungkap Prabowo.

Ganjar Pranowo

Saat menyampaikan visi misi, mantan Gubernur Jawa Tengah ini menjabarkan tiga gagasan, salah satunya pembangunan fasilitas kesehatan satu desa, satu puskesmas.

Selain itu, Ganjar juga menjanjikan insentif bagi guru, termasuk guru agama, agar bisa mengajarkan budi pekerti luhur dengan moderasi agama.

Ganjar juga menjanjikan pemerataan akses pendidikan dengan memberikan internet gratis bagi para siswa.

"Semua ini bisa berjalan kalau pemerintahnya bersih,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar berjanji bakal memiskinkan pelaku korupsi. Bahkan mereka akan dibawa ke Nusa Kambangan.

Hal ini dikatakan menjawab terobosan agar pelaku korupsi merasakan efek jera dalam Debat Capres 2024 yang berlangsung di KPU.

 Ini, tambahnya, tak main-main.

"Mulai dari sini yang harus dilakukan adalah pemiskinan. Yang kedua perampasan aset maka segera kita selesaikan undang-undang perampasan aset."

"Dan untuk pejabat yang korupsi, bawa ke Nusa Kambangan, agar bisa punya efek jera bahwa ini tidak main-main" katanya.

Meski begitu, ia menekankan seorang pemimpin tetap harus memberi contoh.

 Bagaimana seorang pemimpin membangun integritas dengan sederhana dan bermewah-mewahan.

"Tidak ada lagi jual beli jabatan," tukasnya.

Sebagai informasi bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua dijadwalkan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, sementara debat ketiga dan keempat akan diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini diadakan di Jakarta. (Wan)