Ekspor Minyak Bumi, Rusia Cetak Rekor Tertinggi

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 29 Oktober 2023 16:53 WIB
Kapal Tanker Minyak Rusia (Foto : Reuters )
Kapal Tanker Minyak Rusia (Foto : Reuters )

Jakarta, MI - Hingga akhir Oktober 2023, ekspor minyak mentah Rusia melonjak pesat, mencapai level tertinggi dalam empat bulan sepekan.

Sepanjang pekan lalu, Moskow mengirimkan sekitar 3,53 juta barel per hari (bph) minyak mentah, meningkat 20.000 bph dari pekan sebelumnya, mencapai level tertinggi sejak Juni, menurut laporan Bloomberg yang didasarkan pada data pelacakan kapal tanker.

Pengiriman Rusia rata-rata empat minggu meningkat menjadi sekitar 3,5 juta bph sebagai akibat dari lonjakannya, naik dari 3,36 juta bph hingga 15 Oktober 2023, menunjukkan peningkatan 610.000 bph dalam dua bulan terakhir, menurut Russia Today, Sabtu (28/10).

Pengiriman saat ini seharusnya mencapai sekitar 3,28 juta pipa per jam, sesuai dengan komitmen Rusia untuk memangkas ekspor minyak sebesar 300.000 pipa per jam terhadap baseline periode Mei hingga Juni hingga akhir tahun. Perhitungan Bloomberg menunjukkan bahwa ini adalah perkiraan yang dibuat.

 Dilaporkan bahwa kenaikan pengiriman mingguan disebabkan oleh arus yang meningkat dari pelabuhan utama Rusia, Kozmino di Pantai Pasifik dan Primorsk di Laut Baltik, mengimbangi penurunan ekspor dari pelabuhan di Laut Hitam.

Dengan peningkatan pengiriman minggu lalu, pendapatan Rusia dari bea ekspor minyak mentah naik ke level tertinggi baru selama dua belas minggu berturut-turut. Ini menetapkan level tertinggi sejak pertengahan Januari.(Ran)