Presiden Joko Widodo Groundbreaking LRT Velodrome-Manggarai Senin

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 29 Oktober 2023 22:20 WIB
Presiden Jokowi bersama saat menjajal LRT Jabodebek (Foto : BPMI SETPRES)
Presiden Jokowi bersama saat menjajal LRT Jabodebek (Foto : BPMI SETPRES)

Jakarta, MI - Rencananya, peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek LRT yang akan menghubungkan Velodrome dengan Manggarai akan dilakukan pada 30 Oktober 2023, atau besok.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengkonfirmasi hal ini. Dia menyatakan bahwa Presiden Jokowi yang akan melakukan Groundbreaking.

“Iya, groundbreaking oleh Bapak Presiden,” katanya kepada awak media.

Menurut Iwan Takwin, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Komisaris Utama PT LRT Jakarta, proyek LRT fase 1B masih dalam tahap persiapan. Persiapan ini termasuk membersihkan dan memagar area di sekitar jalur dan stasiun yang akan dibangun.

Untuk saat ini, kami telah mempekerjakan pekerja untuk persiapan, yang melakukan pekerjaan pembersihan dan pemagaran di area proyek di lokasi stasiunnya. Iwan menyatakan bahwa saatnya untuk mempersiapkan.

Menurut Iwan, untuk menyelesaikan proyek ini, diperlukan setidaknya dana investasi sebesar Rp 4,5 triliun. Dia menyatakan bahwa dana ini akan diberikan melalui APBD Pemprov DKI Jakarta sebagai penyertaan modal.

Menurutnya, investasi 1B sebesar Rp 4,5 triliun dari Velodrome ke Manggarai didanai oleh Pemprov (DKI Jakarta). Ini merupakan penyertaan modal.(Ran)