Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Akan Digarap China

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 30 Oktober 2023 20:32 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto : Antara )
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto : Antara )

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo telah berkomitmen dengan China untuk membangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Hal itu dijelaskan oleh Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut menyatakan bahwa bunga China lebih murah daripada bunga dari negara lain.

"Pak Jokowi mau kereta cepat Jakarta-Surabaya diterusin. Tadi saya dengar perjanjian dengan China sudah jalan, malah bunganya lebih murah daripada yang ditawarkan negara lain," kata Luhut dalam Video akun Instagram pribadinya, @Luhut.Pandjaitan, dikutip pada Senin (30/10).

Luhut percaya bahwa pemerintah dapat melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya karena pengalaman sebelumnya dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Meskipun demikian, ia mengakui bahwa pembebasan lahan adalah salah satu masalah proyek transportasi publik.

"Kunci utamanya pembebasan lahan yang memang enggak jelas. Sekarang dengan kita punya pengalaman we don't have problem anymore," kata Luhut.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan bahwa kereta cepat dapat menghubungkan Jakarta ke Surabaya dalam waktu 3,5 jam. (Ran)