Menanti Pengumuman The Fed, Harga Emas Turun

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 31 Oktober 2023 09:05 WIB
Global Fine Gold (Foto : Pixabay )
Global Fine Gold (Foto : Pixabay )

Jakarta, MI – Harga emas terus melemah hari ini. Pada perdagangan Selasa (31/10) pukul 06.17 WIB, harga emas turun 0,06% ke posisi US$ 1.994,59 per troy ons.

Harga emas telah turun 0,49% di pasar spot kemarin, Senin (30/10), di tengah penantian pasar yang menanti hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC).

Dilansir Reuters (31/10), pelemahan ini memutus tren positif emas yang menguat pada tiga hari perdagangan sebelumnya dan menyeret emas kembali ke bawah level US$ 2.000 per troy ons.

Hal itu terjadi karena pelaku pasar saat ini memilih untuk menunggu hasil rapat FOMC, disamping itu ketegangan di Timur Tengah juga sedikit mereda, maka tren harga emas kembali menurun.

Selama rapat FOMC yang akan berlangsung hari ini hingga Rabu, bank sentral paling kuat di dunia, Federal Reserve, akan mengumumkan kebijakan suku bunga pada Rabu waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia. 

Pasar memperkirakan Federal Reserve masih akan menahan suku bunga acuan, pada kisaran 5,25% hingga 5,50% bulan ini.

Pelaku pasar menunggu pernyataan pemimpin Federal Reserve Jerome Powell, mengenai sinyal kebijakan ke depan selain keputusan suku bunga.

Meskipun data ekonomi akan sangat memengaruhi kebijakan, Federal Reserve pada pertemuan September lalu menegaskan bahwa mereka tetap akan mengerek suku bunga lagi  pada tahun ini. (Ran)