Mentan Saran Tanam Cabai di Pekarangan Rumah, AACI: Lagu Lama Itu!

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 31 Oktober 2023 09:33 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto : Antara)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto : Antara)

Jakarta, MI - Menteri Pertanian Amran Sulaiman membeberkan rencana untuk menekan harga cabai yang melonjak hingga Rp100 ribu per kilogram. Ia menyarankan masyarakat untuk menanam cabai di kawasan rumah pangan lestari (KRPL) atau di pekarangan rumah.

"Kita galakkan KRPL itu solusi terbaik. Cabai tanam di pekarangan, sayur dan sebagainya," kata Amran kepada awak media pada Senin (30/10).

KRPL merupakan upaya kelompok masyarakat untuk berkolaborasi untuk menjadikan pekarangan sebagai sumber pangan. Di sisi lain, petani dan asosiasi cabai menganggap ini sebagai soluasi yang tidak berdampak apapun.

"Lagu lama itu (tanam cabai di pekarangan). Sekarang begini, misal saya ada 100 tanaman di polybag suruh tanam ke 100 orang di kota, berapa keberhasilannya? Saya sudah berapa kali ikut gerakan tanam cabai, habis uang saja pemerintah," kata Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI), Abdul Hamid..

Abdul mendesak agar pemerintah memberikan pelatihan kepada para petani untuk mengantisipasi perubahan iklim. Sehingga, pemerintah tidak hanya membantu petani dengan memberi pupuk, tetapi juga harus mendidik petani dalam menghadapi El Nino.(Ran)