Proyek LRT Velodrome Digarap Waskita Karya

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 31 Oktober 2023 14:19 WIB
Stasiun LRT yang dibangun PT Waskita Karya (Foto : Waskita Karya)
Stasiun LRT yang dibangun PT Waskita Karya (Foto : Waskita Karya)

Jakarta, MI - Setelah melakukan ground breaking dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) adalah perusahaan konstruksi BUMN yang sedang mengerjakan Fase 1B LRT Jakarta dengan rute Velodrome Rawamangun hingga Stasiun Manggarai.

“Proyek senilai 4,6 triliun ini akan membangun lima stasiun dengan jarak tempuh 6,4 kilometer, termasuk Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai,” kata Mursyid, Direktur Utama Waskita Karya, Selasa (31/10).

Menurutnya, perseroan sebagai kontraktor yang dipercaya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melanjutkan proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B yang merupakan lanjutan dari LRT Jakarta Fase 1A rute Kelapa Gading - Velodrome yang sudah beroperasi sejak tahun 2019.

Mursyid pun berharap LRT ini akan membantu orang bermobilitas dan mendorong integrasi moda angkutan umum lainnya di Jakarta seperti Commuter Line, MRT Jakarta, dan Trans Jakarta.

Cakupan pelayanan transportasi publik di Jakarta telah meningkat hampir dua kali lipat dari 42% menjadi 82% dalam lima tahun terakhir, menurut data BPS.

Hal Ini terjadi akibat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang meluncurkan program JakLingko. Program tersebut  menggabungkan berbagai sarana transportasi publik untuk mengurangi kemacetan dan polusi. (Ran)