Mulai November, Kecepatan KRL Bogor-Manggarai 80 Km/Jam

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 31 Oktober 2023 15:44 WIB
KAI Commuter Line ( Foto : Commuterline )
KAI Commuter Line ( Foto : Commuterline )

Jakarta, MI - Mulai tanggal 1 November, PT Kereta Commuter Indonesia, juga dikenal sebagai KAI Commuter, bekerja sama dengan KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, memberlakukan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Dipengaruhi oleh penyesuaian ini, jadwal perjalanan Commuter Line Bogor disesuaikan, kecepatan maksimal perjalanan disesuaikan, dan waktu tempuh disesuaikan.

Anne Purba, Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, menyatakan bahwa penyesuaian tersebut sejalan dengan pengembangan sarana yang lebih baik di jalur Bogor-Manggarai.

"Perubahan maksimal kecepatan perjalanan pada lintas tersebut semula 70 km/jam menjadi 80 km/jam sehingga waktu tempuh perjalanan dari Bogor- Manggarai/Jakarta Kota berkurang 7-8 menit yang semula dari Bogor-Jakarta Kota selama 92 menit menjadi 85 menit. Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor-Manggarai semula 70 menit menjadi 62 menit," ungkap Anne, Selasa (31/10).

Akibatnya, KAI Commuter meminta pengguna untuk mempertimbangkan kembali jadwal perjalanan mereka. Selain itu, jadwal pemberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun pemberhentian akan diubah mulai 1-5 menit. Dua perjalanan baru akan dimulai di Stasiun Bogor pada pagi hari, pukul 05.25 WIB dan pukul 05.50 WIB.

"Untuk jadwal terbaru, pengguna bisa melihat melalui aplikasi C-Access. Pengguna juga bisa melihat update jadwal terbaru melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline," tutupnya. (Ran)