Sempat Perkasa, Hari Ini Rupiah Melemah Lagi

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 7 November 2023 15:56 WIB
Mata Uang Dolar diatas Uang Rupiah (Foto : Shutterstock)
Mata Uang Dolar diatas Uang Rupiah (Foto : Shutterstock)

Jakarta, MI - Selama tiga hari sebelumnya, nilai tukar rupiah melakukan perlawanan. Rupiah terus menguat melawan dolar Amerika Serikat (AS). Namun hari ini Selasa (7/11), rupiah dibuka melemah 0,1% di angka Rp15.550/US$.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun pada kuartal III-2023. Pasar juga khawatir tentang cadangan devisa yang diproyeksikan menurun lagi.

Menurut pantauan Monitorindonesia.com, pukul 12.20 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 15.605 per dolar AS. Kurs rupiah spot melemah 0,42% dari posisi kemarin di Rp 15.539 per dolar AS. Rupiah kemarin menguat 1,20% dan mencatat posisi paling kuat sejak 3 Oktober atau dalam lebih dari sebulan terakhir.

Bank Indonesia menaikan suku bunga acuan pada tiga pekan lalu untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Namun, pergerakan dana asing di pasar keuangan masih berfluktuasi.

Pergerakan nilai tukar rupiah sejalan dengan mayoritas mata uang Asia lainnya. Menurut data Bloomberg, hanya dolar Hong Kong dan baht Thailand yang masing-masing menguat tipis 0,01% terhadap dolar AS. (Ran)