Pasar Kripto Menguat Sepekan Terakhir

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 15 November 2023 19:31 WIB
Ilustrasi Bitcoin (Foto: Shutterstock
Ilustrasi Bitcoin (Foto: Shutterstock

Jakarta, MI - Dalam sepekan terakhir, pasar mata uang digital telah mengalami peningkatan. peningkatan tersebut terjadi di tengah variasi peristiwa selama satu hingga dua pekan terakhir. Kemudian diikuti meningkatnya aliran dana investor ke aset kripto

Menurut pantauan MonitorIndonesia.com pada Selasa (14/11), harga Bitcoin naik 4,40 persen dalam sepekan ke 36.476 USD, atau setara Rp 572,8 juta, dengan kurs awal Rp 15.702 per dolar AS.

Sebagian besar aset kripto lainnya mengalami kenaikan lebih dari lima puluh persen. Ada Solana (SOL), THORChain (RUNE), Avalanche (AVAX), 0x (ZRX), Yearn Finance (YFI), dan DFI.Money (YFII) di antaranya.

Selama satu pekan, aset kripto ORDI bahkan sempat naik lebih dari 200 persen di level Rp 367 ribu per token. Selain itu, aset kripto Celestia (TIA), yang baru diluncurkan, menunjukkan kenaikan harga di atas 100 persen.

Menurut data dari CoinShares, dana investasi baru senilai 293 juta dolar AS telah masuk ke produk investasi aset kripto melalui instrumen ETP. Ini meningkatkan total aliran dana masuk selama tujuh pekan terakhir menjadi lebih dari 1 miliar dolar.

Penguatan teknologi juga mendorong harga Bitcoin. Menurut data blockchain.com, hashrate, atau daya komputasi jaringan Bitcoin, mencapai rekor tertinggi baru sebesar 474 juta Terahashes per detik (TH/s) pada 6 November lalu.(Ran)