Gelombang PHK Massal Citibank Telah Dimulai

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 16 November 2023 08:04 WIB
Ilustrasi Pegawai Citibank (Foto :Shutterstock)
Ilustrasi Pegawai Citibank (Foto :Shutterstock)

Jakarta, MI - Pada Rabu, 15 November 2023, Citigroup, sebuah bank internasional telah memulai gelombang PHK. Ini merupakan bagian dari reorganisasi perusahaan yang dilakukan oleh Jane Fraser, CEO Citigroup.

Menuru laporan Reuters, Karyawan yang terkena dampak PHK akan diberitahu mulai Rabu, dan pemecatan baru akan diumumkan setiap hari hingga awal minggu depan, menurut sumber yang akrab dengan situasi tersebut.

Kepala staf, direktur pelaksana, dan karyawan tingkat bawah termasuk yang terkena dampak, kata sumber tersebut. Mereka juga menyatakan bahwa lebih banyak karyawan akan menerima pemotongan tersebut pada bulan Februari.

Perpindahan tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Fraser dalam memo 13 September. Dia mengumumkan lima divisi baru yang kepalanya melapor langsung kepadanya, yang mengakibatkan keluarnya segelintir eksekutif senior.

Fase berikutnya akan "dikomunikasikan dan diterapkan pada akhir November," dan "perubahan akhir" akan dilakukan pada akhir Maret 2024, kata Fraser saat itu.

Fraser berada di bawah tekanan untuk memperbaiki Citigroup, yang telah mengalami penurunan saham sebagai akibat dari peningkatan jumlah pegawai dan pengeluaran dalam beberapa tahun terakhir.

CEO, yang mengambil alih jabatannya pada Maret 2021, berada di masa kritis di mana ia menghadapi skeptisisme investor yang mendalam tentang kemampuan bank untuk mencapai target kinerja tahun lalu.(Ran)