Harga Minyak Naik Jelang Pertemuan OPEC

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 20 November 2023 16:59 WIB
Ilustrasi OPEC (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi OPEC (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MI - Investor menantikan pertemuan OPEC+ mengenai kebijakan pasokan yang akan mempengaruhi keseimbangan pasar pada 2024, sehingga harga minyak mentah naik tipis. Melemahnya dolar AS juga membuat komoditas ini lebih menarik.

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak Desember 2023 menguat 0,79% atau 0,60 poin ke level US$76,49 per dolar AS pada pukul 13.59 WIB. Sementara itu, minyak patokan Brent kontrak Januari 2024 menguat 0,76% atau 0,61 poin di level US$81,22 pada pukul 14.07 WIB.

Harga minyak mentah WTI diperdagangkan lebih dari US$76 per barel setelah mengalami pergerakan yang fluktuatif. Kemudian, minyak mentah Brent naik di atas US$81 per barel setelah naik lebih dari 4% pada Jumat (17/11) menyusul penurunan yang sama besarnya pada hari sebelumnya.

 Organisasi negara-negara pengekspor minyak yakni OPEC dan sekutunya dijadwalkan bertemu pada akhir pekan untuk meninjau pasar minyak mentah global dan memutuskan prioritas menjelang tahun baru.

Dengan harga yang lebih rendah sepanjang tahun ini, setelah mengalami penurunan selama empat minggu, terdapat spekulasi bahwa pembatasan pasokan akan diperpanjang.

 “Kami terus memperkirakan bahwa Arab Saudi dan Rusia akan melanjutkan pemotongan sukarela tambahan mereka hingga awal tahun 2024,” jelas kepala strategi komoditas untuk ING Groep NV, Warren Patterson.

Namun, menurutnya, masih kurang jelas apakah OPEC+ akan melakukan pengurangan lebih lanjut.

Dalam sebulan terakhir, harga minyak mentah telah menghadapi tantangan karena risiko perang yang ditimbulkan oleh perang Israel-Hamas.Selain itu ada kekhawatiran yang meningkat terhadap pasokan minyak yang melimpah, termasuk dari negara-negara non-OPEC+.

Selain itu, investor juga melihat gangguan dalam perdagangan minyak mentah Rusia. Hal itu terjadi setelah sanksi Washington terhadap tiga kapal yang mengangkut minyak mentah Sokol (Kazakhstan) ke India.(Ran)