Tiktok Diblokir di Wilayah AS

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 1 Desember 2023 15:15 WIB
Ilustrasi Tiktok (Foto: Profio)
Ilustrasi Tiktok (Foto: Profio)

Jakarta, MI - TikTok diblokir sepenuhnya di Montana, negara bagian Amerika Serikat (AS). Kebijakan ini dibuat oleh hakim federal yang menilai bahwa platform tersebut mengancam keamanan nasional dan privasi pengguna.

Montana adalah negara pertama di Amerika Serikat yang memberlakukan pemblokiran total TikTok. Sebelumnya, platform media sosial China itu hanya dilarang digunakan oleh seluruh pegawai pemerintahan AS.

Aturan pemblokiran total TikTok di Montana berlaku mulai 1 Januari 2024 mendatang. Warga setempat tak bisa lagi men-download aplikasi itu. Jika terlanjur punya, maka akan terhapus dari perangkat elektronik.

Uni Eropa, Kanada, dan beberapa negara sudah melakukan pelarangan TikTok seperti AS. Rata-rata memiliki alasan serupa, yakni kekhawatiran TikTok melanggar privasi pengguna dan membahayakan keamanan nasional.

Studi dari Pew Research Center pada 2022 lalu mengatakan sepertiga remaja AS menggunakan TikTok setiap hari. Sebanyak 16% mengatakan mereka berada di dalam platform tersebut secara konstan dan intens.

Hakim Distrik AS Donald Molloy menilai langkah Montana melarang TikTok secara penuh memiliki agenda tersembunyi. Selain itu, Hakim Distrik menilai Montana melangangkahi otoritas pusat AS.

"Meski kebijakan ini seakan melindungi konsumen, tetapi rekam jejak selama ini meninggalkan sedikit keraguan bahwa otoritas Montana lebih tertarik untuk menargetkan China ketimbang melindungi warga Montana," kata Hakim Distrik AS Donald Molloy, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (1/12/2023).

Hal tersebut disepakati juru bicara TikTok.

"Kami senang bahwa Hakim Distrik menolak hukum yang tak beralasan ini, sehingga ribuan pengguna di Montana bisa terus mengekspresikan diri mereka, mendapat penghasilan, dan menemukan komunitas di TikTok," kata TikTok dalam keterangan resmi.

Menurut Austin Knudsen, pengacara Montana, pihaknya telah mengumpulkan bukti kuat yang mendukung pemblokiran penuh TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan raksasa China ByteDance.

Knudsen menyatakan bahwa tidak logis bagi TikTok untuk menyatakan bahwa Montana tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa layanan tersebut berhubungan dengan pemerintah China.

Sebuah demonstrasi besar dilakukan oleh sekelompok kreator TikTok sebagai tanggapan terhadap aturan blokir ini. Mereka berpendapat bahwa kebijakan Montana telah merusak mata pencarian mereka dan melanggar konstitusi Amerika Serikat.(Ran)

Topik:

tiktok as montana