Depan Ganjar, Prabowo Sebut Petani Jateng Sulit Dapat Pupuk Subsidi

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 12 Desember 2023 20:44 WIB
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (Foto: Setpres)
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (Foto: Setpres)

Jakarta, MI - Dalam kunjungannya ke Jawa Tengah, calon presiden Prabowo Subianto menyoroti kesulitan petani untuk mendapatkan pupuk subsidi. Hal itu diungkapkan di hadapan Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur jawa Tengah.

"Menurut saya pandangan saya kelompok rentan itu termasuk juga para petani dan nelayan, dan yang saya dapat waktu keliling di Jawa Tengah, petani-petani di situ sangat sulit mendapat pupuk," kata Prabowo dalam Debat Pertama Capres 2024, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Menurutnya, hal ini terjadi karena Kartu Tani yang diluncurkan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, sehingga petani justru kesulitan mendapat pupuk subsidi. Menurut Prabowo, petani ingin pembelian pupuk disederhanakan.

"Mereka mengeluh dengan kartu tani yang bapak luncurkan ini, mempersulit mereka dapat pupuk. Sebetulnya mereka ingin pupuk disederhanakan," tambahnya.

Dalam tanggapannya, Ganjar mengatakan bahwa kesulitan mendapatkan pupuk juga terjadi di provinsi lain, seperti Sumatera Utara, NTT, NTB, dan Kalimantan Timur. Dia mengatakan bahwa perlu ada tata kelola untuk distribusi pupuk.

"Pupuk langka terjadi di Papua, Sumatera Utara, terjadi di NTB, NTT, di Kalimantan Timur, termasuk bensin mungkin, bapak lupa, saya ingatkan," ujar Ganjar. (Ran)