Komoditas Olein Pilihan Investor Jangka Panjang

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 15 Desember 2023 14:07 WIB
Ilustrasi Komoditas Olein (Foto: Dok Kemenperin)
Ilustrasi Komoditas Olein (Foto: Dok Kemenperin)

Jakarta, MI - Ketidakpastian akan harga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pasar (Market Failure) sehingga menyebabkan pasar terdistorsi dan output ekonomi tidak tercapai secara optimal.

Harga komoditi olein yang terjadi di pasar fisik ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran terhadap komoditas tersebut dipasaran internasional dan domestik.

Direktur Indosukses Futures Maruli Sinambela menyampaikan bahwa olein, sebagai komoditas kunci dalam industri makanan dan minuman, menunjukkan stabilitas harga yang baik, bahkan pada tahun depan diprediksi harga olein akan tetap stabil.

“ Proyeksi harga dari bulan Januari hingga Februari 2024 tetap konsisten di antara 13.220 hingga 16.740 per unit,” ungkap Maruli kepada MonitorIndonesia.com, Jumat (15/12).

Menurut dia, pergerakan harga olein terkait erat dengan pergerakan harga CPO, karena olein sendiri sebagai minyak turunan dari CPO. Harga sawit yang relatif stabil ikut menopang harga olein.

“Pergerakan harga CPO dipasar internasional ditransmisikan kepada pasar domestik melalui mekanisme pasar dan pada umumnya harga CPO dan olein dipasar domestik searah dengan perkembangan harga olein dan CPO dipasar internasional,” jelasnya.

“Pada saat ini harga olein yang terjadi fluktuatif dan cenderung meningkat,” lanjutnya.

Maruli menuturkan, bahwa olein adalah salah satu komoditas pilihan yang baik untuk dibeli investor yang sedang mencari keuntungan.

“Stabilitas harga olein memberikan keyakinan kepada pelaku pasar dan juga  produsen di sektor makanan dan minuman untuk merencanakan strategi bisnis jangka panjang,” pungkasnya. (Ran)