Cak Imin Akan Hentikan Proyek Food Estate

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 21 Januari 2024 19:43 WIB
Cak Imin (Foto: Dok MI)
Cak Imin (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Tiga calon wakil presiden (cawapres) yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 beradu gagasan dalam debat yang digelar di Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Tema debat ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, hingga masyarakat adat dan desa.

Dalam debat ini cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri. Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres.

Dalam penyampaian visi misnya, Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa dia akan menghentikan proyek Food Estate. Food Estate adalah proyek yang dicanangkan dan dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional dilakukan melalui Food Estate itu terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat, menghasikan konflik agraria bahkan merusak lingkungan. Ini harus dihentikan," tegas Cak Imin sapaannya.

Pada kesempatan itu, Cak Imin juga mengkritik pemerintah soal kondisi petani di Indonesia yang menurutnya memprihatinkan. Menurut perhitungannya para petani di Indonesia hanya memiliki tanah rata-rata hanya setengah hektare. "Pendiri NU mengatakan petani adalah penolong negeri tapi hari ini kita saksikan negara dan pemerintah abai dengan nasib petani kita," tandas Cak Imin.