Mahfud: SDA Kita Kaya Tapi Pangan Belum Berdaulat

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 21 Januari 2024 19:53 WIB
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD (Foto: Dok MI)
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Anggaran subsidi pupuk tiap tahun makin membesar. Namun, Indonesia masih memiliki masalah yang cukup besar pada persoalan pangan. 

Hal itu diungkapkan oleh calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD dalam Debat Pilpres keempat, Minggu (21/1) malam.

"Saudara-saudara Sumber Daya Alam (SDA) kita sangat kaya tetapi pangan belum berdaulat, petani sangat sedikit, lahan petani sangat sedikit, tetapi subsidi pupuk makin besar, pasti ada yang salah," kata Mahfud.

Adapun dalam debat ini, tiga calon wakil presiden (cawapres) yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 beradu gagasan. Tema debat ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, hingga masyarakat adat dan desa.

Dalam debat ini cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri. Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres.