Wamendag Jerry: Competition Makes Our Industry Better 'Persaingan Menjadikan Kita Lebih Baik'

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 20 Mei 2024 22:13 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga (kanan) dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri) (Foto: Istimewa)
Wamendag Jerry Sambuaga (kanan) dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri) (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyatakan bahwa proteksi terhadap industri domestik adalah perlu dan sangat penting, khususnya terhadap industri yang kompetitif.

Namun, terhadap industri yang tidak kompetitif yang mengakibatkan biaya tinggi secara ekonomi tidak perlu lagi diproteksi.

"Justru dengan kita memacu industri domestik untuk lebih kompetitif, maka industri kita akan dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas dari industri itu sendiri," kata Jerry Sambuaga, Senin (20/5/2024).

Kata Jerry Sambuaga, competition makes us better, especially our local products 'persaingan menjadikan kita lebih baik, terutama produk-produk lokal kita'. 

"Kadang kala kita harus agak memaksa industri lokal kita untuk bersaing mulai dari tingkat lokal, nasional, regional dan global," jelas Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) itu.

Kadang kala proteksi terlalu berlebihan terhadap industri domestik yang tidak kompetitif, menurut Jerry Sambuaga, bisa membuat proses negosiasi perjanjian dagang di tingkat internasional menjadi lebih sulit.

"Mungkin ini moment yang tepat untuk kita mencoba mengkaji kembali proporsionalitas dan objektifitas dari kebijakan yang terlalu proteksionis terhadap industri yang tidak kompetitif," jelasnya.

Dengan adanya keterbukaan, tambah Jerry Sambuaga, mau tidak mau industri akan menjadi kompetitif karena now the world is flat. "Interaksi antar negara sekarang sudah tidak dibatasi, cepat dan dinamis," katanya.

"Dengan fenomena ini, mau tidak mau industri kita akan semakin “dipaksa” menjadi lebih kompetitif," imbuhnya.