Khawatir Kehadiran Starlink Buat PT Telkom Bangkrut, Fraksi Gerindra Usul Rapat Gabungan untuk Cari Solusi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 30 Mei 2024 13:15 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade, mengaku sangat khawatir akan pengaruh kehadiran Starlink di Indonesia yang dinilai bisa berdampak buruk bagi PT Telkom. 

"Jangan sampai Starlink ini masuk tapi merugikan dan menghancurkan Telkom kita," kata Andre saat RDP dengan Dirut PT Telkom, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/5/2024). 

Meski khawatir, Andre enggan menyalahkan pemerintah terkait masuknya bisnis milik Elon Musk itu ke Indonesia. 

Justru ia mengaku, sangat paham alasan kenapa pemerintah menghadirkan Starlink di Indonesia

"Saya tidak ingin menyalahkan pemerintah juga Pak, ya karena saya paham mungkin ini strategi pemerintah agar Elon Musk bisa investasi betul lagi di Indonesia," ucapnya. 

Kendati begitu, kata Andre perlu adanya solusi dan upaya konkret dari seluruh stekholder untuk bisa menghadapi kekhawatiran itu. 

"Jadi menurut saya supaya kita enggak mubazir supaya efektif dan efisien, pimpinan saya mengusulkan dalam RDP hari ini kesimpulannya mengusulkan agar Komisi VI bersama-sama dengan Komisi I melakukan rapat gabungan agar bisa mengundang Menkominfo, KPPU dan juga Telkom," ujar Andre. 

Adapun kata Andre, agenda yang akan dibahas dalam rapat gabungan yang menjadj usulannya itu, pertama soal aturan Over The Top, karena menurutny sudah dua setengah tahun dirinya berbicara soal Over The Top namun, tak ada langkah konkretnya. 

"Yang kedua, soal membahas Starlink ini, jangan sampai tadi ketakutan kita, negara dirugikan, Telkom akhirnya bangkrut," sambung Andre. 

"Supaya apa? Supaya masalahnya bisa terurai, masalah yang bisa diselesaikan satu persatu," jelas Andre menambahkan.