Bomber Nuklir AS Dekati Rusia, Putin Kirim Jet Tempur

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 25 Oktober 2023 18:59 WIB
Pesawat Tempur Rusia Su-35 (Foto : Reuters )
Pesawat Tempur Rusia Su-35 (Foto : Reuters )

Jakarta, MI - Pesawat tempur Sukhoi Su-27 menghentikan dua pesawat pengebom strategis B-1B Lancer Angkatan Udara AS saat mendekati wilayah udara Rusia di atas Laut Baltik. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan hal itu pada hari Selasa, 24 Oktober 2023.

Kementerian tersebut menyatakan bahwa pertahanan udara Rusia menemukan dua sasaran udara di atas perairan Baltik. Sebuah pesawat tempur dikirim untuk mengidentifikasi sasaran tersebut dan mencegah pelanggaran wilayah udara Rusia.

Awak Su-27 mengidentifikasi penyusup sebagai Lancer, pengebom strategis jarak jauh yang dapat membawa rudal dan bom nuklir. Pengebom Amerika itu berbalik dan menjauh dari perbatasan saat pesawat tempur Rusia mendekat.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa tidak ada pelanggaran wilayah udara. Intersepsi tersebut sepenuhnya sesuai dengan standar perilaku aman dan hukum internasional tentang perairan netral.

Selain itu, awal bulan ini, Skuadron Bom Ekspedisi ke-9 AS dari Dyess, Texas, mengirimkan sekitar 100 anggota layanan udara dan beberapa pengebom B-1 ke pangkalan Royal Air Force (RAF) Fairford di Inggris.

Bagian dari misi "Satuan Tugas Pengebom-Eropa 24-1", yang digambarkan sebagai misi yang memberikan Amerika Serikat dan NATO "pilihan strategis untuk meyakinkan sekutu dan mitranya, sekaligus mencegah potensi agresi musuh di seluruh Eropa dan seluruh dunia." Pengerahan ini adalah bagian dari misi tersebut.(Ran)