Disoraki Penonton se-GBK, Anang Hermansyah: Bangga dapat Kesempatan Bernyanyi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 Juni 2024 22:51 WIB
Penyanyi Anang Hermansyah [Foto: Tangkapan layar Instagram]
Penyanyi Anang Hermansyah [Foto: Tangkapan layar Instagram]

Jakarta, MI - Penyanyi Anang Hermansyah bersama istrinya Ashanty menjadi trending topik di media sosial X, setelah bernyanyi seusai pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina, dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (11/6/2024).

Kejadian tersebut bermula ketika para pemain Timnas Indonesia, sudah berkumpul di tengah lapangan, untuk menyanyikan lagu Indonesia Pusaka bersama suporter. 

Namun, situasi tiba-tiba berubah ketika Anang Hermansyah muncul di lapangan, menyanyikan lagu Gebyar-Gebyar dari Cokelat dan Rindu Ini dari Warna.

Penampilan Anang itu pun, dianggap mengganggu selebrasi Timnas yang biasanya mereka melingkar di tengah lapangan, dan kemudian menyanyikan lagu kebangsaan.

Terlepas dari adanya kejadian kurang mengenakkan dialaminya, Anang Hermansyah mengaku sangat senang sekaligus bangga, Timnas Indonesia berhasil membuahkan kemenangan dengan membungkam Filipina.

Lewat akun instagramnya, Anang meminta maaf dan memberikan klarifikasi.

“Kami Anang Ashanty beserta manajemen mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada para pendukung sepak bola tanah air,” kata Anang dikutip dari akun Instagram @Ananghijau, Rabu (12/6/2024).

Anang mengaku dia bersama Ashanty, diundang sebagai pendukung acara untuk menyanyikan beberapa lagu, yang ditelah ditentukan oleh panitia penyelenggara dari PSSI. 

Dia mengaku tampil tanpa ada pembayaran sedikit pun, karena ini sebagai bentuk cinta pada Indonesia khususnya Timnas Indonesia.

“Sedikit kami luruskan ceritanya agar tidak terjadi kesalahpahanam. Kami di sini bukan menawarkan diri, namun diminta untuk menjadi pengisi acara di tanggal 11 Juni," ujarnya.

"Suatu kebangaan saat ditawari mengisi acara ini, walau jauh di lubuk hati yang paling dalam ada perasaan khawatir karena merasa lagu-lagu kami tidak cocok nyanyi di acara tersebut. Namun, karena memang kami sangat bangga dan support terhadap Timnas Indonesia, maka kami menerima dan mengikuti semua aturan dan ketentuan dari panitia penyelenggara,” tambahnya.

Pada saat tampil bernyanyi, Anang & Friends tidak sampai menuntaskan penampilannya membawakan lagu Rindu Ini di GBK Jakarta, karena para penonton membungkamnya dengan menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka tanpa perlu dikomando. Dia pun menghentikan aksinya bernyanyi, dan langsung keluar.

Namun, Anang membantah kalau penampilannya bernyanyi dihentikan penonton. Dia mengatakan, meminta untuk dihentikan karena suasananya sudah tidak sesuai.

“Balik lagi ini juga salah kami yang seharusnya mempelajari kultur dan budaya apa yang harus dilakukan saat terjadi hal ini,” tandasnya.

Ashanty pada kesempatan yang sama, juga mengungkapkan Anang & Friends bisa tampil usai pertandingan Timnas Indonesia Vs Filipina, karena diminta oleh pihak panitia.
 
"Ini gara-gara Arsya kita dampingi minggu lalu ke sini. Sama panitiia ditanya, mau nonton nggak Indonesia vs Filipina? Mau banget. Mau nyanyi gak? Mau banget. Senang banget pas terakhir nyanyi semua timnas girang banget," kata Ashanty.