Rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Kertanegara Ternyata Sewaan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 Oktober 2023 18:00 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri [Foto: Doc. MI]
Ketua KPK Firli Bahuri [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengakui rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Jalan Kertanegara nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, merupakan sewaan.

"Betul, jadi untuk identifikasi rumah di Jalan Kertanegara tersebut disewa oleh Ketua KPK," kata Ade di Jakarta kepada wartawan, Jumat (27/10).

Namun, Ade Safri tidak menjelaskan alasan Firli menyewa rumah tersebut. Dia hanya menjelaskan, pohaknya sudah memeriksa pemilik rumah berinisial E.

"Saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan untuk mengetahui detail identifikasi dari rumah di Kertanegara nomor 46 dimaksud," ujarnya.

Saat ditanya terkait kemungkinan Firli pernah bertemu, eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di rumah tersebut, Ade Safri menjelaskan hal itu merupakan materi penyidikan.

"Ya itu materi penyidikan ya,” jelasnya. 

“Tapi yang jelas upaya penyidikan yang dilakukan tim penyidik gabungan itu terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi yang saat ini sedang dilakukan tim penyidik gabungan," tandasnya. 

Sebelumnya, Firli Bahuri telah diperiksa Polda Metro Jaya, terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL. Dugaan pemerasan itu kini dalam penyidikan Polda Metro Jaya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga telah menggeledah 2 rumah Firli Bahuri, yaitu di Villa Galaxy, Bekasi dan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/10).