Siang Ini Bareskrim Periksa Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Oktober 2023 13:09 WIB
Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK [Foto: An/Ist]
Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK [Foto: An/Ist]

Jakarta, MI - Bareskrim Polri dikabarkan akan memeriksa eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), terkait dugaan kasus pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (31/10) siang.

"Informasi yang kami terima, iya betul (diperiksa hari ini) sudah ada proses administrasi dari tim penyidik KPK untuk diperiksa hari ini di Bareskrim Polri," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (31/10).

Namun, Ali masih enggan membeberkan status SYL dalam agenda pemeriksaan siang ini.

"Pemeriksaannya jam 2," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dicecar sejumlah pertanyaan terkait pemerasan eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). Termasuk kebenaran foto pertemuan keduanya.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan Firli Bahuri masih diperiksa sebagai saksi.

"Sesuai dengan materi penyidikan. Seputar dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, berupa dugaan pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya," kata Ade Safri kepada wartawan, Selasa (24/10).

Ade menyebut, bahwa pemeriksaan Firli juga akan mempertanyakan perihal foto yang memperlihatkan pertemuan dirinya dengan eks Mentan SYL di lapang badminton.

"(Soal foto pertemuannya juga?) salah satunya," tandasnya.