Buru Aliran Dana Korupsi Eks Mentan SYL, KPK Sasar Rumah Ketua Komisi IV DPR Sudin

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 November 2023 03:08 WIB
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin (Foto: Ist/Man)
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin (Foto: Ist/Man)

Jakarta, MI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelusuri aliran dana dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang menyeret mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sejumlah saksi pun sudah diperiksa KPK. 

Nama Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin masuk dalam daftar saksi yang seharusnya diperiksa pada Jum'at (10/11). Tetapi ia berhalangan hadir sehingga KPK memanggilnya pada Rabu (15/11) pekan depan.

Namun demikian,  pada Jum'at (10/11) malam KPK justru menggeledah rumah milik Sudin di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. "Informasi yang kami peroleh benar, dan kegiatan masih berlangsung," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jum'at malam.

Kendati, Ali tidak menjelaskan lebih jauh mengenai penggeledahan tersebut. "Informasi yang kami peroleh yang bersangkutan tidak bisa hadir dan mengkonfirmasi kepada tim penyidik, sehingga akan kami jadwalkan ulang," ungkap Ali.

Pihak Sudin belum berkomentar soal penggeledahan ini. Diketahui, bahwa Sudin merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berasal dari Daerah Pemilihan Lampung I. Dia menjabat sebagai Ketua Komisi IV yang bermitra dengan Kementerian Pertanian.

KPK dalam kasus ini telah menetapkan 3 tersangka, yaitu Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta. Lalu ada tersangka lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono yang ditahan KPK usai menjalani pemeriksaan. (An)