Usai Dilantik Jadi Ketua, Nawawi Pomolango Bakal Kumpulkan Seluruh Pimpinan KPK

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 November 2023 11:03 WIB
Ketua KPK Nawawi Pomolango [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Ketua KPK Nawawi Pomolango [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Jakarta, MI - Nawawi Pomolango resmi dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, oleh Presiden Joko Widodo, Senin (27/11). Usai dilantik, Nawawi bakal menggelar rapat bersama pimpinan KPK lainnya.

“Saya akan bertemu dan bicara terlebih dahulu dengan rekan pimpinan lainnya untuk membahas kerja-kerja yang berskala prioritas berkaitan dengan situasi yang dihadapi lembaga saat ini,” kata Nawawi kepada wartawan wartawan, Senin (27/11).

Lebih lanjut, Nawawi menjelaskan bahwa kerja kepemimpinan di KPK bersifat kolektif kolegial, sesuai Undang-Undang (UU) KPK.

“Kerja kepemimpinan di lembaga ini bersifat kolegial,” tandasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, Senin (27/11). Nawawi akan menggantikan posisi Firli Bahuri, yang kini berstatus tersangka dugaan pemerasan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

"Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapa pun juga," demikian bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Nawawi.

"Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara," tandasnya.

Prosesi pengucapan sumpah dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua dan Anggota Dewas KPK, yakni Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, Syamsudin Haris, dan Harjono. Hadir juga Menesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Alexander Marwata dan Johanis Tanak.

Selain itu, hadir juga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.