AHY: Hukum Jangan Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 4 Desember 2023 22:46 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Dok MI)
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Dok MI)
Depok, MI - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan hukum jangan tajam ke lawan, tumpul ke lawan. Hal itu ia tegaskan saat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Qur'an Bani Syahid, di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (4/12).

"Siapa yang tahu makna dari keadilan?," tanya AHY saat menayangkan makna keadilan yang harus ditegakkan di Indonesia kepada santri dan masyarakat yang hadir.

Lantas seorang santriwati mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan tersebut. "Adil itu dapat menempatkan sesuatu yang tepat,” katanya.

Setelah itu, salah satu ibu-ibu juga menjawab pertanyaan dari Ketua Umum Partai Demokrat tersebut. Adil itu sama rata, enggak dibeda-bedakan,” tuturnya. 

Setelah mendengarkan jawaban tersebut, AHY menuturkan bahwa menurutnya penegakan hukum memang harus menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

"Hukum jangan tajam ke lawan tumpul ke kawan," katanya.

Menurut AHY, jika hukum ditegakan secara adil, maka Indonesia akan selalu damai dan sejahtera. "Kita perjuangkan agar Indonesia rukun, bersatu selamanya, dan semakin adil negaranya," tukasnya.