KPK Akan Gelar Adu Gagasan Pemberantasan Korupsi untuk Capres

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 14 Desember 2023 12:58 WIB
Tiga capres (Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo) usai debat pilpres 2024 di KPU RI, Selasa (12/12) (Foto: Dok MI)
Tiga capres (Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo) usai debat pilpres 2024 di KPU RI, Selasa (12/12) (Foto: Dok MI)
Jakarta, MI - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK akan menggelar adu gagasan tentang pemberantasan korupsi melaui forum khusus untuk calon presiden (capres) yang akan bertarung di Pilpres 2024.  Akan dilakukan pada Januari 2024 mendatang.

"Kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (14/12).

KPK, lanjut Nurul Ghufron, akan mengawal secara serius terkait gagasan isu antikorupsi yang disampaikan tiga capres. Yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

|Baca Juga: Tiga Pelanggaran Etik Firli Bahuri Disidangkan Pada 20 Desember 2023, Meski Tak Hadir Tetap Dilanjutkan|

"KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi, kita akan mengundang di sekitar awal atau pun pertengahan Januari," tambahnya.

Adapun debat perdana Pilpres akhirnya selesai pukul 22.00 WIB, Selasa (12/12). Baik Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sudah menunjukkan gagasannya.

|Baca Juga: Ketua Komisi IV DPR  Diduga Terima Duit Haram Korupsi SYL, Pagar Makan Tanaman!

Pada debat perdana ini, tema yang diangkat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat capres berlangsung selama 120 menit yang dibagi ke dalam enam segmen. (Wan)