Menanti Kesaksian 4 Menteri Jokowi dan Ketua DKPP Hari Ini di MK

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 5 April 2024 03:34 WIB
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) (Foto: MI/Aswan)
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Empat menteri Jokowi akan hadir dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) terkait dengan sengketa Pilpres, di Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini, Jumat (5/4/2024). 

Keempat menteri Jokowi di sidang PHPU yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Keempat menteri dipanggil MK untuk memberikan keterangan berkaitan gugatan yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

"Empat menteri akan hadir dalam sidang lanjutan PHPU Pilpres 2024,” ujar Juru Bicara MK, Fajar Laksono dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (4/4/2024) malam.

Selain keempat menteri Jokowi, MK juga memanggil Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk dimintai keterangan. Fajar menyebut DKPP akan hadir langsung diwakili Ketua DKPP RI Heddy Lugito.

Seperti diketahui, pemanggilan empat menteri Jokowi dalam sidang PHPU merupakan keputusan yang diambil para hakim MK.

Ketua MK Suhartoyo yang merupakan Ketua Majelis Hakim Pleno dalam sidang kedua, Senin (1/4/2024) memastikan MK menghadirkan para menteri tersebut atas permohonan para pemohon baik Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan Perkara Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024. Namun demikian, dia menegaskan pemanggilan tersebut untuk kepentingan hakim.

“Sebagaimana diskusi (Rapat Permusyawaratan Hakim/RPH), universalnya kan badan peradilan yang sifatnya inter parties (mengikat para pihak) itu, kemudian nuansanya menjadi keberpihakan kalau mengakomodir pembuktian-pembuktian yang diminta oleh salah satu pihak. Jadi, ini semata-mata untuk kepentingan para hakim,” tegas Suhartoyo.

Jokowi Pastikan 4 Menteri Hadir
Sebelumnya, Presiden Jokowi Presiden Jokowi juga sudah memastikan empat menteri yang dipanggil MK dalam sidang sengketa Pilpres akan hadir memenuhi panggilan. Jokowi menegaskan semua menteri akan menjelaskan semua hal yang dibutuhkan berkaitan program pemerintah.

"Semuanya akan hadir, karena diundang oleh MK (Mahkamah Konstitusi). Nanti semua dijelaskan," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusumah, Rabu (3/4/2024).

Diberitakan sebelumnya, dua paslon Pilpres 2024 yakni Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud menggugat hasil Pilpres 2024 ke MK. Mereka tidak terima dengan keputusan KPU memenangkan Prabowo-Gibran. 

Kedua paslon mendalilkan sejumlah kecurangan hingga intervensi Presiden Joko Widodo dalam proses Pilpres 2024.