Pegi Bebas, DPR Ingatkan Polri Soal Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 Juli 2024 11:52 WIB
Pegi Setiawan, mantan tersangka kasus pembunuhan terhadap Vina Dewi Arsita
Pegi Setiawan, mantan tersangka kasus pembunuhan terhadap Vina Dewi Arsita

Jakarta, MI - Anggota Komisi III DPR RI Gilang Dhielafararez mengingatkan Polri, agar tidak asal tangkap seperti kasus Pegi Setiawan.
 
"Polri dalam menetapkan orang sebagai tersangka harus berdasarkan bukti yang cukup," kata Gilang di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

"Jangan karena dorongan dari masyarakat lalu asal main tangkap. Jangan lagi rakyat jadi kambing hitam polisi,” ujarnya.
 
Menurut dia, kasus yang dialami Pegi merupakan kesalahan cukup besar dalam penegakan hukum, yang dapat merusak kehidupan seseorang di masa yang akan datang. 

Adapun Pegi sebelumnya ditangkap, sebagai tersangka oleh Polda Jawa Barat untuk kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon.
 
Oleh sebab itu, ia menekankan agar Polri dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, dilakukan secara benar dan adil. 

Ia kemudian menilai Polri telah mencederai amanah dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam kasus Pegi tersebut.
 
“Tugas dan kewajiban polisi salah satunya adalah memberikan pengayoman ke masyarakat, tetapi pada kasus Vina ini, hal itu tidak tercerminkan. Kami harap ke depannya kepolisian dapat berhati-hati dalam melakukan penyidikan dan penangkapan,” ujarnya.
 
Gilang mengingatkan penegakan hukum, harus dilakukan dengan teliti dan berdasarkan bukti yang kuat, sehingga kasus Pegi tersebut menunjukkan adanya kesalahan penerapan standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan polisi.
 
"Kami mendorong agar pihak kepolisian melakukan evaluasi SOP mereka untuk mencegah terjadinya salah tangkap di masa mendatang," jelasnya.
 
Selain itu, ia juga meminta Polda Jabar untuk memberikan pertanggungjawaban secara moril, dan materiil terhadap Pegi atas kesalahan yang terjadi. Dengan demikian, kata dia, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat atas integritas, profesional serta ketelitian pihak kepolisian.
 
“Kami meminta agar pihak kepolisian tidak hanya meminta maaf secara resmi, tetapi juga memberikan kompensasi yang layak sebagai bentuk tanggung jawab dan pengakuan atas kesalahan yang terjadi,” tandasnya.
 
Adapun ia memastikan bahwa Komisi III DPR RI, akan mengawal pengungkapan kasus pembunuhan Vina, sampai tersangka yang sesungguhnya terungkap. Ia juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan, akan dilakukan rapat kerja untuk membahas hal tersebut.