BMKG Prakirakan di Sejumlah Kota Besar Indonesia Berawan Serta Hujan Ringan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 26 Juli 2024 17 jam yang lalu
Ilustrasi - Kondisi langit berawan. (Foto: MI/Nuramin)
Ilustrasi - Kondisi langit berawan. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada umumnya tertutup awan serta hujan ringan pada Jumat (26/7/2024).

"Di wilayah Jawa, potensi berawan diprakirakan di Jakarta dan Bandung. Sementara untuk wilayah Semarang, Serang, Yogyakarta, dan Surabaya, diprediksi cerah berawan," ujar Prakirawan BMKG Eriska Febrianti dalam siaran prakiraan cuaca di Jakarta.

Adapun di wilayah Sumatera, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Padang, Medan, dan Jambi. Sementara Bengkulu, Lampung, dan Pangkal Pinang diprediksi cerah berawan. "Di wilayah Denpasar, Mataram, dan Kupang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan," tuturnya.

Selanjutnya, kata dia, di wilayah Kalimantan cuaca berkabut berpotensi terjadi di Samarinda, sementara Pontianak dan Palangkaraya berpotensi berawan. Adapun Tanjung Selor dan Banjarmasin berpotensi hujan ringan.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, sejumlah wilayah seperti Mamuju, Palu, Kendari, Gorontalo, dan Makassar diprediksi akan terjadi hujan ringan, sementara Manado diprakirakan berawan.

Di wilayah Indonesia Timur, daerah-daerah seperti Ternate, Sorong, Ambon, Nabire, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke diprakirakan hujan ringan. Sementara cuaca berawan diprakirakan di Manokwari.

"Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG," imbuhnya.