7 Terpidana Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Dibawa ke Polda Jabar

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 21 Mei 2024 22:30 WIB
Vina Cirebon (Foto: Istimewa)
Vina Cirebon (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI -  Sebanyak 7 terpidana kasus pembunuhan Vina Cirebon dibawa ke Polda Jawa Barat (Jabar) untuk menjalani pemeriksaan. Sehingga kini 7 narapidana tersebut telah dipindahkan sementara dari Lapas Kelas Satu Cirebon ke Polda Jabar.

"Jadi yang benar bukan dipindahkan, tapi dipinjam sementara untuk kepentingan pemeriksaan," ujar Yan Rusmanto, Kepala Lapas Kelas Satu Cirebon dikutip pada Selasa (21/5/2024).

Yan menjelaskan jika ketujuh narapidana tersebut dipindah ke Polda terhitung sejak kemarin pukul enam sore. Kendati demikian, Yan tak mengetahui secara persis mengenai hal apakah yang akan digali dari para narapidana tersebut.

"Kalau soal apa yang perlu diketahui barangkali itu menjadi ranah penyidik ya. Kewenangan kami hanya ketika mereka membutuhkan keterangan, kami memberikan," jelasnya.

Yan menjelaskan jika para narapidana lah yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh penyidik. Sebagaimana diketahui jika Polda Jabar kini tengah memburu 3 DPO pembunuh Vina yang masih buron. 

Meski kasus tersebut sudah delapan tahun berlalu, namun hingga kini keberadaan buron tersebut masih misteri. "Apa yang mereka (penyidik) perlukan, maka dari narapidana itu nanti akan diberikan kepada para pihak penyidik," jelasnya.

3 DPO
Polda Jawa Barat merilis ciri-ciri 3 DPO kasus pembunuhan Vina dan teman lelakinya, Rizky atau Eky di Cirebon pada 2016 lalu. Ketiga orang tersebut sampai saat ini masih buron dan belum ditangkap kepolisian sejak kasus ini terkuak pada 8 tahun yang lalu.

Adapun ketiga DPO ini diketahui bernama Andi, Dani dan Pegi alias Perong. Meski belum diketahui apakah identitas ketiganya ini asli atau bukan, Polda Jabar lalu menggambarkan bagaimana ciri-ciri ketiga DPO tersebut.

Andi saat ini diperkirakan berumur 31 tahun. Ia memiliki tinggi badan 165 sentimeter, berbadan kecil, rambut lurus dengan kulit hitam. Kemudian Dani diperkirakan sekarang berumur 28 tahun. Ia memiliki tinggi 170 sentimeter, dengan ukuran badan sedang, rambut kriting dan kulit sawo matang.

Sedangkan Pegi alias Perong diperkirakan sekarang berumur 31 tahun. Perawakannya kecil, dengan tinggi badan 160 sentimeter, rambut kriting dan kulit hitam. Ketiga DPO ini tercatat beralamat di Desa Banjarwangun, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.