5 Manfaat Kopi Tanpa Gula

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Maret 2024 08:15 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Kopi adalah minuman favorit banyak orang di seluruh dunia. Selain memberikan kebangkitan energi di pagi hari, kopi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, terutama jika diminum tanpa gula.

Selera orang berbeda-beda dalam menikmati secangkir kopi. Ada yang suka kopi pahit, banyak juga yang suka kopi manis.

Bahkan untuk saat ini, kopi tidak lagi identik dengan bapak-bapak atau pria perokok. Hampir semua kalangan menikmati kopi. 

Berikut 5 manfaat kopi tanpa gula:

1. Memperbaiki Fungsi Kognitif

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk perhatian, kewaspadaan, dan daya ingat. Tanpa tambahan gula, kopi memberikan dorongan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan, membantu menjaga ketajaman mental.

2. Antioksidan Tinggi

Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, membantu pembakaran lemak dan mengurangi rasa lapar. Ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi mereka yang memiliki tujuan penurunan berat badan.

4. Menyehatkan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa konsumsi kopi tanpa gula dapat terkait dengan penurunan risiko, penyakit jantung. 

Kandungan antioksidan dan kemampuannya, untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dapat mendukung kesehatan kardiovaskular.

5. Menyediakan Nutrisi Esensial

Kopi mengandung sejumlah nutrisi esensial, termasuk vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan mangan. 

Meskipun dalam jumlah kecil, konsumsi kopi tanpa gula dapat memberikan kontribusi tambahan, terhadap asupan nutrisi harian Anda.