Jumat Pagi Kualitas Udara Jakarta Tak Sehat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: Doc. MI]
Ilustrasi [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Kualitas udara kota Jakarta tercatat tidak sehat bagi kelompok sensitive, pada Jumat (9/8/2024) ini dan masyarakat disarankan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Berdasarkan laman IQAir mencatat kualitas udara Jakarta, berada pada poin 139 dengan tingkat konsentrasi polutan PM 2,5 sebesar 51 mikrogram per meter kubik atau 10,2 kali lebih tinggi nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Adapun PM 2,5 merupakan, partikel berukuran lebih lebih kecil 2,5 mikron (mikrometer), yang ditemukan di udara termasuk debu, asap dan jelaga. Paparan partikel ini dalam jangka panjang dikaitkan dengan kematian dini, terutama pada orang yang memiliki penyakit jantung atau paru-paru kronis.

Rekomendasi kesehatan mengingat kualitas udara saat ini, selain menghindari beraktivitas di luar ruangan, juga mengenakan masker saat berada di luar, menutup jendela demi menghindari udara luar yang kotor, dan menyalakan penyaring udara.

Jakarta, bila dibandingkan dengan kota lain di Indonesia, tercatat menduduki peringkat ketiga sebagai kota paling berpolusi di Indonesia setelah Tangerang, Banten dengan poin 200 dan Bekasi, Jawa Barat dengan poin 158.