76 Paskibraka 2024 Dikukuhkan di Istana Negara IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) foto bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). [Foto: ANTARA]
Presiden Joko Widodo (Jokowi) foto bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). [Foto: ANTARA]

Kalimantan Timur, MI - Presiden Joko Widodo mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Acara pengukuhan Paskibraka Nasional 2024 itu digelar di Istana Negara, IKN, Selasa (13/8/2024). Turut hadir Menpora Dito Ariotedjo, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, hingga Seskab Pramono Anung.

Adapun yang memimpin upacara pada pengukuhan ini adalah anggota Paskibraka, Violetha Agryka Sianturi, perwakilan Sumatera Utara. Ada 76 anggota Paskibraka yang dikukuhkan. Mereka berasal dai 38 provinsi di Indonesia.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Selanjutnya Violetha melapor kepada Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan, dengan proses mengheningkan cipta. Setelah itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi memimpin pembacaan ikrar putra Indonesia, yang diikuti Paskibraka yang dikukuhkan.

Ikrar yang dibacakan Paskibraka berbunyi:

Ikrar putra Indonesia.

Aku mengaku putra Indonesia.
Dan berdasarkan pengakuan itu aku mengaku bahwa aku adalah mahluk Tuhan sang maha pencipta dan bersumber padanya.

Aku mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia.
Aku mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Aku mengaku bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila, dan satu UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Aku mengaku bertujuan satu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
Aku mengaku kebhinekaan dalam persatuan budaya bangsa.

Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ikhsan menurut ridho Tuhan YME.

Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini. Dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa.

Aku berjanji akan sungguh sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari.

Semoga Tuhan YME memberkati niatku ini, dengan taufik dan hidayahnya serta inayahnya.

Yudian kemudian memandu pemimpin upacara, untuk melepaskan Sang Merah Putih. Selanjutnya memerintahkan untuk kembali memegang dengan kedua tangan dan mencium Sang Merah Putih.

Acara dilanjutkan dengan pernyataan pengukuhan oleh Presiden Jokowi, selaku Pembina Upacara.

"Dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa, dengan ini saya mengukuhkan Paskibraka Tingkat Pusat tahun 2024 yang akan bertugas di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian melakukan penyematan lencana, dan pemasangan kendit sebagai tanda pengukuhan Paskibraka.

Berita Terkait