Kepala Barantin Lantik Pejabat Tinggi Madya, Administrator dan Pengawas untuk Tingkatkan Kinerja

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Agustus 2024 22 jam yang lalu
Kepala Barantin, Sahat M Panggabean saat melantik dua Pimpinan Tinggi Madya, dan tujuh Pejabat Administrator, serta dua Pengawas di lingkup Barantin. (Foto: Humas Barantin)
Kepala Barantin, Sahat M Panggabean saat melantik dua Pimpinan Tinggi Madya, dan tujuh Pejabat Administrator, serta dua Pengawas di lingkup Barantin. (Foto: Humas Barantin)

Jakarta, MI - Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M Panggabean, melantik dua Pimpinan Tinggi Madya, dan tujuh Pejabat Administrator, serta dua Pengawas di lingkup Barantin.

Sahat mengingatkan, agar tugas baru yang diberikan dapat dijalankan dengan optimal dan menjaga integritas, sebab tugas tersebut bukanlah tugas sembarangan. 

"Amanah yang diemban harus dijalankan dengan baik dan membawa perubahan positif. Kita bisa menjadi satu tim yang membawa karantina menjadi semakin lebih baik," kata Sahat di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BUTT KHIT), Bekasi, Jawa Barat, Selasa (13/8/2024). 

Kata Sahat, Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini sebelumnya telah melalui proses yang cukup panjang.

Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Madya lingkup Barantin telah dilakukan sejak Februari 2024 dan setiap tahapannya dilakukan secara terukur dan sistematis.

"Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang terpilih sudah menjadi kehendak Tuhan dan kedepan akan memegang peranan yang vital dalam merumuskan strategi dan membuat keputusan guna memastikan tujuan organisasi dapat tercapai. Dengan pengalaman yang sudah ada, dapat ditingkatkan sehingga dapat mempercepat kinerja," tutur Sahat. 

Sahat berharap, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang baru saja dilantik bisa menjadi representasi Barantin. 

Adapun para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang dilantik, diantaranya adalah Sriyanto sebagai Deputi Bidang Karantina Hewan dan Drama Panca Putra sebagai Deputi Bidang Karantina Ikan. 

Selain pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, juga dilakukan pelantikan serta serah terima jabatan pejabat administrator dan pengawas di lingkup Barantin.

Sahat mengatakan, pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas dilakukan melalui proses promosi dan rotasi dengan tujuan mengoptimalkan pemerataan kompetensi dan keterampilan pegawainya. 

"Bagi kawan-kawan, promosi dan rotasi merupakan hal yang biasa. Tujuannya hanya satu, yaitu agar instansi dapat berjalan dengan lebih baik lagi," jelas Sahat. 

"Selamat bertugas di tempat yang baru. Selamat berkolaborasi dan mengembangkan potensi untuk Barantin yang lebih baik," tambah Sahat memberi selamat. 

Adapun Pejabat Administrator (Eselon III.a) yang dilantik, diantaranya adalah Sondang Sitorus sebagai Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Kalimantan Tengah. Ahmad Mansuri Alfian sebagai Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Sulawesi Tengah. Dan Ardinan Pribadi sebagai Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Papua Barat. 

Kemudian untuk Pejabat Administrator (Eselon III.b) yang dilantik, diantaranya adalah Agus Ali Hamzah sebagai Kepala Bagian Umum Balai Besar Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Kalimantan Timur. Fardianto Eko Saputro sebagai Kepala Bagian Umum Balai Besar Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Sumatera Utara. Dan Andri sebagai Kepala Bagian Umum Balai Besar Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Sulawesi Selatan, Serta Mudakir sebagai Kepala Bagian Umum Balai Besar Uji Standar Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. 

Sementara itu, Pejabat Pengawas (Eselon IV.a) yang dilantik, diantaranya adalah Dwi Astuti Yuniasih sebagai Kepala Subbagian Umum Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Jawa Tengah, dan Sarmili sebagai Kepala Subbagian Umum Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Sulawesi Tengah.