Hadiri Pelantikan PPK Pilkada 2024, Mak Rini: Tetap Semangat untuk Pilkada 2024 yang Kondusif

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 16 Mei 2024 20:55 WIB
Suasana saat pengambilan sumpah janji PPK di Hotel Grand Mansion Kanigoro (Foto: Istimewa)
Suasana saat pengambilan sumpah janji PPK di Hotel Grand Mansion Kanigoro (Foto: Istimewa)

Blitar, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar,melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2024. Sebanyak 110 orang PPK dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso. Bertempat di Hotel Grand Mansion 2 Kanigoro pada Kamis (16/5/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah, bersama Kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar, Asisten. Turut hadir juga Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Ketua KPU Kabupaten Blitar beserta Komisioner, Camat  se-Kabupaten Blitar, Forkopimcam Kanigoro, dan tamu undangan.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Dan berharap pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan dengan jujur,adil, aman dan kondusif.

”Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Blitar saya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya saudara-saudara semua sebagai anggota PPK Pilkada tahun 2024. Semoga amanah, menghantar Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2024 yang jujur, adil, aman dan kondusif,” ujar Mak Rini panggilan akrabnya.

Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar ini, juga menyatakan semua anggota PPK ini adalah yang terbaik, yang memiliki integritas, kredibilitas dan kapasitas yang mumpuni dalam menunaikan tugas mulia.

Menurutnya, tugas PPK dalam penyelenggaraan Pilkada tidak jauh berbeda saat Pemilu 2024, diantaranya, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pilkada di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU kabupaten/kota, melakukan evaluasi serta membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada di wilayah kerjanya. 

Untuk itu, ia berpesan dalam setiap pelaksanaan tugas anggota PPK ada lima hal yang  harus diperhatikan, diantaranya:

1. Dalam pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, dan dedikasi yang tinggi. 
2. Jaga netralitas dan objektivitas dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada. 
3. Membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait, termasuk aparat keamanan, stakeholder, dan masyarakat.
4. Tingkatkan kualitas pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan dan perundang-undangan terkait Pilkada.
5. Jadilah teladan bagi masyarakat dalam mewujudkan Pilkada yang berkualitas.

”Saya yakin, dengan komitmen, kerja keras, dan kerjasama yang solid dari semua pihak, Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Blitar dapat dilaksanakan dengan sukses, sesuai dengan harapan kita bersama,” tukasnya.

Mak Rini juga memerintahkan kepada seluruh camat untuk memfasilitasi sarana dan prasarana PPK, serta menjalin komunikasi dan koordinasi. ”Agar PPK dalam menjalankan peran, fungsi dan tugasnya dalam Pilkada 2024 semakin lancar. Sekali lagi, selamat atas dilantiknya panjenengan semua sebagai anggota PPK, dan selamat bertugas, tetap semangat untuk Pilkada 2024 yang kondusif,” pungkasnya .

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso menyatakan, pelantikan para anggota PPK sudah ada keterwakilan perempuan sebanyak 40 persen. Setelah dilakukan pelantikan para anggota PPK dilanjutkan dengan orientasi tugas.

”Dari 110 orang anggota PPK yang telah dilantik terdiri dari 43 perempuan (40%) dan laki-laki 67 (60%). Untuk masa tugas PPK selama 8 bulan sampai Januari 2025,” terangnya.

Kesempatan yang sama Mohammad Bahaudin, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Blitar menyatakan, pelantikan dan orientasi tugas, sebagai momentum terbentuknya panitia tingkat kecamatan yang berpegang teguh sikap netralitas, profesional dan berintegritas untuk hasil Pilkada 2024 yang berkualitas.

”Paska pelantikan kawan- kawan PPK untuk segera melakukan kerja-kerja koordinatif dengan stakeholder ditingkat kecamatan. Agar dapat terkonsolidasikan tahapan pemilihan lebih baik,”pungkasnya. (JK/ADV/Kominfo)