Norris Bangga McLaren Rajai GP Formula 1 Hungaria

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 22 Juli 2024 11:06 WIB
Pembalap McLaren Australia Oscar Piastri diberi ucapan selamat oleh pembalap McLaren asal Inggris Lando Norris. (Foto: Antara)
Pembalap McLaren Australia Oscar Piastri diberi ucapan selamat oleh pembalap McLaren asal Inggris Lando Norris. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pembalap Lando Norris mengaku  bahagia dengan penampilan timnya McLaren merajai Grand Prix Formula 1 Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (21/7/2024). Pada balapan 70 lap itu, rekan setimnya Oscar Piastri memenangi balapan setelah unggul 2,141 detik darinya yang menempati posisi kedua.

Norris yang sempat memimpin balapan, melambat pada tahap akhir yang membuat Piastri melewatinya pada lap 68 hingga pembalap asal Australia itu memenangi balapan F1 pertamanya.

“Saya bahagia untuk tim. Saya tidak tahu kapan pertandingan satu-dua terakhir kami terjadi, tapi mungkin lebih dari 10 tahun yang lalu atau semacamnya," ujar Norris dalam laman F1 pada Senin (22/7/2024).

“Sangat senang, saya juga ikut senang untuk Oscar, saya tahu dia menang di Qatar (di Sprint tahun lalu), tapi saya pikir dia juga akan mengatakan kemenangan ini lebih dari sekadar kemenangan Sprint," lanjutnya.

Norris mengatakan kemenangan ini sangat pantas didapatkan oleh Piastri setelah rekannya itu mendapatkan posisi tertinggi musim ini sebagai P2 di Monako dan Austria. "Kemenangan pertamanya yang pantas, ini momen spesial, jadi saya bahagia untuknya dan seluruh tim. Akhir pekan yang luar biasa bagi kami semua, ya, sangat bahagia," tuturnya.

Raihan 1-2 di Hungaria membuat McLaren semakin mendekati pemuncak klasemen konstruktor, Red Bull,m dengan 338 poin atau berselisih 51 poin. Tak hanya bagi McLaren, P2 di Hungaria juga mendekatkan Norris dari Max Verstappen yang memimpin klasemen pembalap. Norris yang berada pada posisi kedua kini mengoleksi 189 poin, berjarak 76 poin dari Verstappen yang hanya finis P5 di Hungaria.