Anies Sindir Prabowo di Kasus Food Estate yang Gagal

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Januari 2024 20:08 WIB
Anies Baswedan, Capres nomor urut 1 (Foto: MI/Repro)
Anies Baswedan, Capres nomor urut 1 (Foto: MI/Repro)

Jakarta, MI - Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menyebut saat ini sebanyak 4,8 juta anak-anak Indonesia terpapar narkoba. Kondisi itu sangat menyedihkan bagi bangsa Indonesia.

"Sebanyak 4,8 juta orang terpapar narkoba, keluarga-keluarga kita menderita karena narkoba ini, dan itu pedih sekali," ujar Anies dalam paparannya dalam debat kedua Capres 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1) malam.

Anies mengatakan, tak hanya soal narkoba yang menjadi masalah serius di bidang pertahanan negara, pencurian ikan, pencurian pasir itu menandakan bahwa negara kebobolan. Dan yang lebih ironisnya, Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker pada 2023.

Hal itu menurut Anies sebuah ironi. Karena itu dia ingin mengembalikan dan Rp 700 triliun anggaran kementerian pertahanan tidak bisa mempertahankan itu. Anggaran justru digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas di saat tentara lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas

"Sementara menteri -nya hanya menurut saja. Jokowi punya lebih dari 340 juta hektar tanah di Republik ini," kata Anies.

Anies juga menyoroti food estate singkong yang menguntungkan kroni, merusak lingkungan dan tidak menghasilkan. "Kami akan memulai dengan kepemimpinan yang menjunjung tinggi etika, kepemimpinan yang mengandalkan data informasi kapasitas yang serius. Kita ingin republik ini berperan di level global, dijaga secara serius untuk rumah tangga, untuk nasional sehingga kewibawaan kita adalah kewibawaan berdasarkan kekuatan. Untuk itu kita butuh perubahan," papar Anies.

Adapun debat ini diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB. Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.