PDIP di Dalam atau di Luar Pemerintahan Prabowo? Megawati: Gue Mainin Dulu Dong!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 26 Mei 2024 19:37 WIB
Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers setelah bertemu Prabowo Subianto di Jakarta pada 24 Juli 2019
Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers setelah bertemu Prabowo Subianto di Jakarta pada 24 Juli 2019

Jakarta, MI - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan arah sikap politik PDIP pada pemerintahan baru Presiden Terpilih Prabowo Subianto memerlukan perhitungan politik.

“Sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan. Gitu kan? Lha iya, enak wae. Belum menit ini saya ngomong. Hihi. Kan harus dihitung secara politik lho,” kata Megawati dalam pidatonya dalam penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Mantan presiden ke-5 itu berpandangan bahwa banyak pihak yang saat ini menunggu sikap politik yang dimiliki PDIP, apakah akan berada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan. “Aku sambil sarapan gitu kan [baca berita terkait penentuan sikap politik PDIP], aku bilang, haha, enak aja. Gue mainin dulu dong,” ujar Megawati.

Dia menegaskan bahwa saat ini yang terpenting adalah agar para kadernya turun ke akar rumput untuk mempersiapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini.

Megawati juga menyampaikan bahwa secara historis, sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran yang berorientasi pada kemajuan Tanah Air.

“Maka sikap politik PDI perjuangan didasarkan pada pemikiran, mana yg akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat dan lebih berdiri di atas kaki sendiri, itu lah landasan pilihan sikap politik kita,” tandasnya.

Untuk diketahui, Rakernas V PDIP ditutup pada hari ini Minggu (26/5/2024). Rakernas PDIP telah digelar sejak Jumat (24/5/2024).  Hingga saat ini PDIP belum mengumumkan sikap politik, apakah akan bergabung bersama koalisi Prabowo-Gibran atau berada di luar pemerintahan.