Ketahui Manfaat Minum Air Dingin dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 29 Oktober 2023 09:00 WIB
Ilustrasi air dingin [Foto: iStock]
Ilustrasi air dingin [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Meskipun meminum air dengan suhu berapa pun baik dingin, panas, atau suam-suam kuku—mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan, namun meminum air hangat dianggap lebih bermanfaat. 

Sementara itu, beberapa orang lebih suka minum air dingin untuk mendinginkan dan memuaskan dahaga. Meskipun air hangat dianggap lebih baik untuk menurunkan berat badan, adakah manfaat khusus dari minum air dingin? 

Nupuur Patil, ahli gizi dan ahli gizi yang berbasis di Mumbai dan UEA, berbicara kepada Health Shots tentang manfaat minum air dingin. 

Dia berkata, “Minum air dingin adalah kebiasaan umum bagi banyak orang, terutama selama hari-hari musim panas atau setelah berolahraga berat, karena air dingin membantu Anda merasa segar.”

Dilansir dari Health Shots, berikut enam manfaat minum air dingin untuk kesehatan.

1. Membuat Anda tetap terhidrasi

Tidak peduli apakah Anda minum air dingin, hangat, atau bersuhu ruangan, air membantu Anda tetap terhidrasi. Namun, Patil mengatakan, “Air dingin lebih menyegarkan dan dapat meningkatkan asupan air Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan air hangat.” 

Air dingin juga dapat membantu mengurangi masalah keringat dan mencegah risiko dehidrasi. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik untuk menunjang kesehatan Anda secara keseluruhan dan menghindari fluktuasi pencernaan dan suhu tubuh.

2. Peningkatan metabolisme

Anehnya, air dingin dapat meningkatkan metabolisme Anda secara signifikan. Seperti yang dilaporkan dalam majalah Active, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Jerman mengungkapkan bahwa mengonsumsi enam cangkir air dingin setiap hari dapat meningkatkan metabolisme istirahat Anda, sehingga menyebabkan pembakaran sekitar 50 kalori per hari, yang setara dengan jumlah yang Anda bakar jika Anda berjalan kaki untuk 15 menit. Peningkatan metabolisme ini berkontribusi pada penurunan berat badan yang efektif dan sehat.

3. Mendetoksifikasi tubuh 

Air dingin dianggap sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh dengan membuang racun dan mencegah penumpukannya, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Namun, untuk merasakan manfaat detoks ini, penting untuk menjaga hidrasi yang tepat. Jika tidak, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

4. Pereda nyeri

Air dingin berpotensi meredakan jenis nyeri tertentu. Menurut Patil, “Ini efektif dalam meredakan sakit kepala dan migrain dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kepala, sehingga menghilangkan rasa sakit. 

Namun, Anda harus berhati-hati, karena air dingin dapat memperburuk rasa tidak nyaman jika Anda mengalami sakit tenggorokan, nyeri haid, atau menderita akalasia, suatu kondisi yang menghalangi jalannya makanan melalui kerongkongan.

5. Membuat kulit bersinar

Kita semua sudah mengetahui manfaat terapi air dingin untuk kulit. Mencelupkan wajah Anda ke dalam air es akan menenangkan iritasi, mengencangkan pori-pori, memperbaiki warna kulit Anda secara keseluruhan, dan mengurangi kemerahan, serta bengkak. 

Oleh karena itu, air dingin dapat meningkatkan kesehatan kulit dalam beberapa cara. Faktanya, meminum air dingin juga dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga membuat Anda bersinar alami.

6. Meningkatkan kewaspadaan

Selain meminum kafein, minum air dingin juga diketahui dapat membantu Anda tetap waspada dan lebih fokus. Patil mengatakan, “Air dingin dapat memberikan dorongan energi yang cepat dan meningkatkan kewaspadaan, menjadikannya pilihan yang sangat baik ketika Anda perlu tetap terjaga dan fokus.”

Meskipun air dingin menawarkan banyak manfaat kesehatan, penting untuk menyeimbangkannya dengan air bersuhu ruangan, terutama saat makan, karena air dingin dapat mengganggu pencernaan.

Faktor risiko minum air dingin

Berikut 3 risiko atau efek samping utama minum air dingin.

1. Masalah pencernaan: Air yang sangat dingin terkadang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa individu. Hal ini terjadi karena air dingin menghambat penyerapan nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga sulit untuk memecah makanan.

2. Sakit tenggorokan: Mengonsumsi air dingin dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Itu membuat Anda rentan terhadap banyak infeksi pernafasan.

3. Perubahan detak jantung: Air dingin juga bertanggung jawab atas penurunan detak jantung. Jadi, pastikan Anda minum air bersuhu ruangan.

Berita Terkait