Viral Satpam TMII Arogan dan Ancam Pedagang Akhirnya Dipecat

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 25 Oktober 2023 21:16 WIB
Viral satpam TMII arogan dan ancam pedagang [Foto: Tangkapan Layar]
Viral satpam TMII arogan dan ancam pedagang [Foto: Tangkapan Layar]

Jakarta, MI - Beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang satpam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang membentak pedagang, menarik ranselnya dan mengancam pedagang tersebut untuk dipolisikan.

Dalam video yang beredar pada Rabu (25/10), tampak seorang ibu-ibu mengenakan kerudung berwarna merah muda dan baju kuning. Ibu-ibu tersebut terlihat menggendong sebuah ransel yang diketahui berisi barang dagangannya.

Diketahui, saat ini pihak Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah memberikan teguran keras berupa pemecatan kepada satpam yang mengusir kasar pedagang ibu-ibu hingga menangis. 

"Manajemen TMII telah menyampaikan teguran kepada perusahaan penyedia jasa keamanan dan meminta pertanggungjawaban berupa permohonan maaf atas sikap dan tindakan yang dilakukan oleh salah satu personelnya yang telah merugikan nama baik TMII. Per tanggal 25 Oktober 2023, petugas tersebut sudah tidak bertugas di TMII," kata Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang kepada wartawan, Rabu (25/10).

"Kami sedang melakukan investigasi atas intensi dan motif dari petugas tersebut yang mengambil video atas aksinya sendiri serta menyebarluaskan video tersebut, di mana tindakannya tidak sesuai dengan SOP yang berlaku di TMII," lanjutnya.

Sebelumnya, beredar video seorang satpam TMII sedang memarahi pedagang perempuan paruh baya. Sejak video dimulai, satpam sudah dalam posisi memarahi pedagang itu sambil memegangi strap kanan tas gemblok yang digunakan pedagang tersebut.

"Kamu ngelawan saya? Hah?" tegur satpam itu di tengah isak tangis pedagang itu.

"Saya mau pulang, Pak, ya Allahu Akbar," jawab ibu.

"Kamu mau jual lagi nggak?," tanya petugas kembali.

"Nggak lah, Pak, ya Allah, saya mau jualan di mana," jawab ibu tersebut.

"Saya mau pulang, ini dagangan punya orang, Pak, bukan punya saya sendiri," lanjut ibu tersebut sembari memelas.

"Kamu berjanji, ibu ini sudah tua, kalau dagang lagi di sini, saya bawa ke Polsek. Janji?," bentak petugas.

"Janji, janji ya Allah, iya, Pak," kata ibu.

"Saya nggak ada takutnya, Bu," kata petugas dengan nada tinggi.

"Ini punya orang, bukan punya saya," jawab ibu tersebut.

"Siapa ketua kamu?" tanya petugas.

"Nggak, Pak, saya dari Sulawesi Tengah, saya ngutang di situ, saya ngutang," lanjut ibu itu memelas sembari menangis. (DI)