Kebakaran TPST Bantargebang Berhasil Dipadamkan Setelah 3 Jam

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Oktober 2023 19:15 WIB
Kebakaran TPST Bantargebang, Minggu (29/10). [Foto: Tangkapan Layar]
Kebakaran TPST Bantargebang, Minggu (29/10). [Foto: Tangkapan Layar]

Jakarta, MI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, berhasil melokalisir dan mengendalikan penyebaran api di area kebakaran yang terjadi di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (29/10). Adapun kondisi terkini sedang proses pendinginan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Gulkarmat DKI, dan Kota Bekasi untuk respons cepat pemadaman api, dan puluhan armada mobil pemadam sudah dikerahkan.

"Untuk sementara terpantau, 4 mobil tanki air UPST, 2 Damkar UPST, 15 Damkar dari DKI Jakarta, 4 Damkar dari Kota Bekasi,” kata Asep kepada wartawan, Minggu (29/10).

“Kami juga mengerahkan puluhan Ekskavator untuk membalik sampah yang terbakar dan melakukan penyiraman. Saat ini masih proses pendinginan. Alhamdulillah dalam kurang 3 jam kita berhasil kuasai," tambah Asep.

Berdasarkan informasi di lapangan, lanjut Asep, kebakaran terjadi pada pukul 14.15 WIB.

"Api pertama kali muncul di Zona 2 TPST Bantargebang, di depan lokasi Power House dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)," ujarnya.

Dijelaskan Asep, bahwa Zona 2 yang merupakan titik awal munculnya api bukan zona aktif, dan berasal dari sampah-sampah kering yang terbawa angin.

"Saat ini api sudah berhasil dilokalisir dan terkendali. Kami masih terus siagakan armada mobil pemadam di lokasi," tandasnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (29/10). kebakaran diduga akibat cuaca panas. 

Dalam video yang beredar, tampak api dan asap hitam membumbung tinggi ke udara.

Unit Damkar DKI-Kota Bekasi hingga mobil tangki Dinas Lingkungan Hidup, dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api.

"Jam 14.15 WIB terjadi kebakaran di TPST Bantargebang, pengaruh cuaca panas sepertinya memicu terjadinya kebakaran,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji dalam keterangannya, Minggu (29/10).

“Hasil koordinasi dan pemantauan saat ini sedang dilakukan pemadaman oleh unit damkar DKI dan Kota Bekasi serta dukungan mobil tangki Dinas LH," tambahnya. 

Isnawa menyebut pemadaman hingga saat ini masih berlangsung oleh petugas gabungan.

"Iya betul (sedang dilakukan pemadaman oleh petugas gabungan)," tandasnya.

Berita Terkait