Cipayung Berbenah Antisipasi Banjir

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 November 2023 19:41 WIB
Pembangunan Sumur Resapan di RT07/08 Lubang Buaya Jakarta Timur (Foto: Dok MI)
Pembangunan Sumur Resapan di RT07/08 Lubang Buaya Jakarta Timur (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Camat Cipayung, Jakarta Timur, Panangaran Ritonga tahun ini terbilang sangat sibuk sekaligus beruntung. Pasalnya, sebagai wilayah paling hulu di Timur Jakarta, daerah ini dibebankan tanggung jawab meminimalisir bencana alam yang sewaktu-waktu mengancam ibu kota akibat banjir.

Wilayah Kecamatan Cipayung yang memiliki luas  28,45 km2. Kecamatan ini adalah kecamatan paling luas diseluruh Jakarta Raya menyusul Cengkareng, Jakarta Barat memiliki luas 26,54 km². Sementara, Johar Baru menjadi kecamatan dengan luas paling kecil di ibu kota, yakni 2,38 km².

Begitupun pertumbuhan penduduknya yang sangat tinggi. Sesuai sensus penduduk tahun 2022 sebanyak 295.829 jiwa. Pangaran Ritonga menyatakan rasa bersyukurnya diberi kesempatan mengabdi di Kecamatan ini. 

"Saya merasa punya kebahagiaan dan tantangan tersendiri disini. Dengan kompleksitas penghuninya yang sangat heterogen. Khusus masalah tanggung jawab melestarikan lingkungan. Kami berupaya seoptimal mungkin koordinasi dengan semua stakeholder. Baik lintas instansi pemerintah maupun pihak lainnya," katanya kepada Monitorindonesia.com, Rabu (9/11).

Sebagai daerah paling hulu di timur Jakarta, sesuai arahan pimpinan, Mohamad Anwar selaku Wali Kota Jakarta Timur. Dan sebagai Camat yang wilayahnya di daerah hulu (Kali Sunter) diminta melakukan upaya dan inovasi serta kolaborasi yang dapat mengurangi atau menahan volume debit air yang mengalir ke hilir.

Untuk itu lahan-lahan yang bisa dijadikan tempat parkir air, lanjutnya, menyerapkan air ke tanah (sumur resapan) harus dimaksimalkan. Ini yang sedang pihaknnya galakkan. "Salah satunya sekarang yang sedang kita kerjakan adalah pembuatan sumur resapan di RT 07/08, Kelurahan Lubang Buaya," ungkapnya.

Hal lainnya yang patut disyukuri adalah massifnya upaya pemerintah DKI Jakarta di wilayah Jakarta Timur membangun waduk yakni waduk Munjul, Waduk Cilangkap, Embung Cipayung. Juga perbaikan turap di Jalan Binamarga persis depan kantor camat Cipayung yang menjadi urat nadi lalu lintas di wilayah ini.

"Sedangkan dipermukiman warga kini sedang giat-giatnya pembangunan saluran dengan menggunakan material udith yang kualitasnya bagus dan tahan lama. Saya berharap semua program tersebut diatas bisa terselesaikan tepat waktu tanpa masalah," harap Panangaran Ritonga. (Sabam)