Menhub Resmikan BISKITA Trans Depok

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 14 Juli 2024 1 hari yang lalu
Menhub, Budi Karya Sumadi, meresmikan BISKITA Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat (Jabar). Proyek bus angkutan umum itu menelan biaya mencapai total Rp 11 miliar. (Foto: Istimewa)
Menhub, Budi Karya Sumadi, meresmikan BISKITA Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat (Jabar). Proyek bus angkutan umum itu menelan biaya mencapai total Rp 11 miliar. (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meresmikan BISKITA Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat (Jabar). Proyek bus angkutan umum itu menelan biaya mencapai total Rp 11 miliar.

"Apa pun kita lakukan demi tercapainya program angkutan umum guna memenuhi jumlah transportasi. Kita memiliki dana kurang lebih Rp 500 miliar untuk seluruh Indonesia dan Kota Depok kurang lebih Rp 11 miliar, ini koridor pertama," kata Budi kepada wartawan di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Minggu (14/7/2024).

"Apa yang kita inginkan bisa terlaksana walaupun jumlahnya cukup banyak. Tapi kita sudah mengedukasi beberapa kota-kota untuk akhirnya dia mengambil alih. Ambil contoh Solo, Surabaya, Medan, Semarang, Pakanbaru dan sebagainya," lanjut Budi.

Dia menambahkan, dana tersebut selalu bergulir kepada Pemerintah Daerah (Pemda) pada titik tertentu. 

"Jadi dana ini seperti dana bergulir, kita berikan kepada Pemda pada titik tertentu, komersial, setelah komersial, Pemda masuk dengan APBD," jelas Budi, seraya menambahkan, 

pihaknya meresmikan BISKITA Trans Depok guna mendorong masyarakat mau naik angkutan massal.

Kemenhub juga merencanakan peluncuran BISKITA ini akan terjamah di beberapa kota di sekitar Depok lainnya. Jika beberapa tempat yang sudah terjamah itu bisa melakukan kegiatan secara mandiri, maka dana tersebut bisa dipindahkan ke kota lain.

"Kalau kita tanya mengenai apa yang disampaikan tadi di Depok. Nanti kita rencanakan, kalau ada beberapa tempat yang sudah bisa melaksanakan kegiatannya secara mandiri, maka dana ini akan kita pindahkan ke Depok. Seperti kemarin Balikpapan dipindahkan dari kota yang lain," ungkap Budi.

Dalam peresmian itu juga turut hadir Plt Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Tatan Rustandi, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Kapolres Depok, Kombes Arya Persana, Dandim 05/08 Depok, Kolonel Iman, dan Kadishub Depok, Zamrowi.

"Hari ini kita secara konsisten melakukan kegiatan bus Feeder di dalam kota yang kita lakukan bulan lalu di Bekasi. Kemarin di Balikpapan, hari ini di Depok.

Feeder atau kita namakan Biskita Trans Depok adalah satu kegiatan by the service (BTS) yang dibiayai Kementerian Perhubungan kepada kota Depok," kata Budi. (Sar)