Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Pontianak saat Hadiri Peringatan HUT RI ke-79

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 17 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Wapres Ma'ruf Amin didampingi istri Wury Estu Handayani saat hadiri Hut Ri Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta. (Foto: Antara)
Wapres Ma'ruf Amin didampingi istri Wury Estu Handayani saat hadiri Hut Ri Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pakaian adat Pontianak, Kalimantan Barat dari Suku Melayu Sambas yang dikenakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri Peringatan HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka, Jakarta, terinspirasi dari masyarakat yang tinggal di Sungai Kapuas.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta, Sabtu (17/8/2024) Wapres mengenakan setelan Teluk Belanga warna kuning emas, dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut Tanjak. Corak insang pada kain yang dikenakan Wapres terinspirasi dari masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas.

Berangkat dari inspirasi ini, insang ikan dijadikan sebagai media ungkapan seni dan memberi arti simbol dari nafas, kehidupan, dan terus bergerak, serta merupakan ungkapan rasa cinta kepada alam dan lingkungan serta semangat hidup sehari-hari yang dinamis.

BACA JUGA: Upacara HUT RI ke-79 di Jakarta dan IKN Digelar Hybrid

Dengan demikian, makna filosofis dari pakaian adat yang dikenakan Wapres pada Sabtu ini secara garis besar melambangkan kejayaan untuk seluruh Indonesia, simbol dalam menyambut Indonesia Emas 2045, tidak hanya untuk manusia tapi juga untuk seluruh sumber dayanya.

Di sisi lain, pemilihan baju adat Pontianak, Kalimantan Barat juga melambangkan keragaman yang dimiliki Indonesia. Sebagaimana diketahui, pada perayaan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 Wapres dan Wury Ma’ruf Amin menggunakan pakaian adat Banten, Jawa Barat.

BACA JUGA: Paskibraka Siap Kibarkan Sang Merah Putih di IKN

Kemudian, pada tahun 2023 menggunakan pakaian adat Koto Gadang, Sumatera Barat di mana keseluruhan pemilihan busana tersebut memiliki filosofi masing-masing. Pada momen peringatan hari kemerdekaan ini, Wapres menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus bergandengan tangan membangun Indonesia Maju di setiap kesempatan.

"Saya berharap kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk terus memajukan Indonesia, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun teknologi," ujar Wapres melalui rekaman video yang dipublikasikan Sekretariat Wakil Presiden.

BACA JUGA: Kenali Para Paskibraka Maluku Utara, Siapa yang akan Mengibarkan Bendera Kemerdekaan Tahun Ini?

Melalui kerja keras, inovasi, dan sinergi kuat seluruh elemen bangsa, Wapres pun meyakini Indonesia dapat meraih masa depan yang semakin gemilang. Selain upacara pagi, pada sore harinya Wapres dan Wury Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Sabtu.