Yenny Wahid Cuti dari Wahid Foundation Usai Dukung Ganjar-Mahfud

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 28 Oktober 2023 13:47 WIB
Yenny Wahid
Yenny Wahid

Jakarta, MI - Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, memutuskan untuk cuti dari jabatannya sebagai Direktur Wahid Foundation. Hal itu usai menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Jumat (27/10) kemarin.

Wahid Foundation adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Gus Dur pada tahun 2004 lalu, yang memiliki fungsi utama untuk menjalankan kerja sosial dan kemanusiaan dalam semangat pemikiran Gus Dur, yang berfokus pada multikulturalisme, toleransi, perdamaian dan kesejahteraan sosial.

"Saat ini, saya ingin mengumumkan keputusan saya untuk mengambil cuti dari jabatan Direktur Wahid Foundation," kata Yenny dalam keterangannya di laman resmi Wahid Foundation, dikutip Sabtu (28/10).

Diebutkan bahwa, keputusan itu diambil dengan tujuan menjaga independensi, imparsialitas, dan integritas lembaga. 

"Saya percaya bahwa dalam konteks perhelatan demokrasi ini, penting bagi Wahid Foundation untuk tetap menjaga independensi, sehingga kami dapat terus menjalankan misi kami dengan integritas dan dedikasi penuh," ujarnya.

Yenny menyebut lembaga Wahid Foundation perlu menjalankan perannya secara independen dalam konteks politik. 

"Oleh karena itu, saya telah memutuskan untuk sementara cuti dari jabatan Direktur agar lembaga ini dapat tetap fokus pada misinya yang mulia tanpa memandang pilihan politik individu dan pihak yang terlibat dengan, atau yang menjadi penerima manfaat, program dan kerja kami," ungkapnya.

Yenny menekankan bahwa Wahid Foundation akan terus berkomitmen untuk melanjutkan upaya-upaya kemanusiaan, promosi toleransi, serta mendukung kerja-kerja sosial yang mendalam sesuai dengan visi dan misi lembaga. 

Ia pun memastikan tim dan staf kami akan terus melanjutkan pekerjaan yang telah dimulai bersama-sama.

"Sekali lagi saya ingin menegaskan komitmen lembaga Wahid Foundation yang kuat untuk menjaga independensi. Saya sangat menghargai hubungan baik dengan semua mitra lembaga, dan saya memastikan bahwa pilihan politik saya tidak mempengaruhi integritas dan komitmen terhadap kerja-kerja kemanusiaan Wahid Foundation," pungkasnya.

Sebelumnya, Yenny Wahid, resmi memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024. 

"Kami barisan para kader Gus Dur menyatakan mendukung pasangan Ganjar dan Mahfud MD," kata Yenny di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10).

Topik:

yenny wahid