Dijenguk Joko Widodo hingga Menteri, Luhut: Dapat Tambahan Energi, Semangat Untuk Pulih

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 5 November 2023 12:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang saat ini dirawat di Singapura dijenguk Presiden Joko Widodo hingga para Menteri lainnya untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Menko Luhut itu menyebut dirinya telah lebih dari satu bulan menjalani masa pemulihan di Singapura dan berangsur-angsur pulih. Menurut Luhut, keputusan untuk menjalani perawatan di Singapura ketimbang di Indonesia didasari oleh saran dari keluarga dan para sahabatnya agar bisa mendapatkan pemulihan yang lebih optimal di Singapura.

"Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses 'recovery' tubuh pasca sakit yang saya alami," tulis Luhut dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @luhut.pandjaitan seperti dilihat Monitorindonesia.com, Minggu (5/11).

Menko Luhut juga membagikan momen saat didatangi Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. "Pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab, semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam," ungkap Luhut.

"Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden @jokowi (Jokowi), Wakil Presiden, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," imbuhnya.

Merespons unggahan Menko Luhut itu, tidak sedikit warganet mendoakannya agar sehat kembali.

Sebelumnya, Luhut jatuh sakit sejak 6 Oktober 2023 lalu hingga pada akhirnya menjalani perawatan di Singapura sejak 10 Oktober 2023. Ia mengaku, mulanya merasakan kelelahan yang tidak biasa sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit oleh istrinya, Devi Simatupang. Luhut pun dilarang untuk beraktivitas seperti biasa untuk sementara waktu agar bisa memulihkan kesehatannya.