Joko Widodo: Dukungan Indonesia ke Palestina Tidak Akan Surut

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 November 2023 11:16 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo menegaskan, dukungan Indonesia terhadap masyarakat Palestina tidak akan pernah surut. Menurutnya, suara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam menyampaikan dukungan Indonesia untuk Palestina di Dewan Keamanan PBB pun paling keras dan lantang.

"Perang di Gaza, hati-hati. Ini juga jauh tapi tetap dukungan kita terhadap Palestina tidak akan surut," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Peresmian Pembukaan Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Jakarta, Selasa (7/11).

"Coba bapak/ibu lihat Menteri Luar Negeri Bu Retno Marsudi waktu di Dewan Keamanan PBB paling lantang, paling keras, dan paling menentang," tambahnya. 

Joko Widodo mengaku kaget, mendengar suara Menlu Retno Marsudi, yang paling keras dan lantang dalam menyampaikan dukungan Indonesia untuk Palestina.

"Saya juga heran ini, Bu Menlu kita ini, orangnya alus tapi kok di Dewan Keamanan galak banget," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas agar terus menyuarakan keprihatinan terhadap situasi di Palestina. Ia menegaskan, pemerintah terus mendukung perjuangan masyarakat Palestina.

"Tadi Presiden sampaikan kami ini supaya terus menyuarakan keprihatinan terhadap situasi di Israel dan Palestina," kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/11).

"Pemerintah ini berada di pihak Palestina. Tadi perintah Presiden begitu, untuk disampaikan ke publik," tambahnya.

Selain itu, Joko Widodo juga menginstruksikan Menag agar mencari langkah-langkah alternatif, untuk membantu masyarakat Palestina. 

"Kami supaya mencari alternatif-alternatif yang bisa kita bantukan untuk saudara kita di Palestina. Ini tadi perintahnya begitu," tandasnya.