Sosok Letjen Suharyanto yang Disebut-sebut Berpeluang Gantikan KSAD Agus Subiyanto

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 November 2023 06:42 WIB
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto [Foto: Wikipedia]
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto [Foto: Wikipedia]

Jakarta, MI - Nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, disebut-sebut kandidat paling kuat yang bakal menggantikan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto.  

Seperti diketahui, Agus Subiyanto akan menggantikan Laksamana Yudo Margono, sebagai Panglima TNI. 

Ada sejumlah nama yang beredar, untuk menempati jabatan KSAD. 

"Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, terus kemudian ada Pak Suharyanto, kepala BNPB dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya ketiga nama tersebut, lanjut Meutya, tak menutup kemungkinan adanya sejumlah nama lain untuk mengisi kursi Kasad. 

“Bahkan, mungkin lebih. Enggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain," tandasnya. 

Sebelumnya, Suharyanto dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala BNPB, untuk menggantikan posisi Letjen TNI Ganip Warsito yang memasuki masa pensiun.

Arbituren Akademi Militer (Akmil) cabang infanteri tahun 1989 ini, memiliki perjalanan karier yang cukup panjang. Dia pernah menduduki beberapa jabatan penting di bidang militer. Salah satunya sebagai Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya.

Suharyanto juga pernah, menjabat sebagai Komandan Yonif 516/Cakra Yudha tahun 2004 hingga 2005.

Karier Letjen Suharyanto, terus menanjak perlahan tapi pasti.

Setelahnya, ia dipercaya menjadi Komandan Yonif 500/Raider di tahun 2005 - 2006. Di tahun yang sama, kariernya meningkat dengan menjabat Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan.

Pada 2016, pria yang juga spesialis telik sandi ini, dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Kepala Biro Kepegawaian Settama Badan Intelijen Negara (BIN) hingga 2017.

Jenderal yang malang melintang di kesatuan Kostrad ini, juga pernah menjabat sebagai Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN hingga 2018 sebelum dipercaya sebagai Kasdam Jaya di tahun yang sama.

Suharyanto diangkat menjadi Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara pada 2019, sebelum akhirnya menduduki posisi sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya. 

Barulah pada Rabu, 17 November 2021 silam, Suharyanto diamanahi jabatan sebagai Kepala BNPB.