Kemenhub Kirimkan Tim ke Lokasi Kecelakaan KA Bandung Raya vs KA Turangga

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Januari 2024 08:54 WIB
Kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di Cicalengka Kabupaten Bandung (Foto: ANTARA)
Kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di Cicalengka Kabupaten Bandung (Foto: ANTARA)
Jakarta, MI - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengirimkan tim, untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi korban terkait insiden kecelakaan kereta api di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1) pagi.

"Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban dari insiden ini, DJKA telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal, di Jakarta, Jumat (5/1).

Ia mengatakan, insiden tersebut melibatkan KA Turangga (KA Plb 65A) dengan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350). Peristiwa itu, terjadi di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 pada 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

"Lokasi insiden berada sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka," ujarnya.

Atas nama DJKA Kemenhub, Risal pun menyampaikan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak, akibat insiden tersebut.

"Informasi lebih lanjut terkait insiden ini akan segera disampaikan kembali," tandasnya.

Sebelumnya, Dua kereta api (KA) lokal dan jarang jauh KA Bandung Raya dan KA Turangga bertabrakan di daerah Haurpugur, Cicalengka, Bandung, Jumat (5/1) pagi. 

Dalam video yang beredar dua gerbog kereta tersebut, terlihat ringsek cukup parah. Bahkan sejumlah gerbong sampai keluar dari jalurnya.

Tabrakan tersebut membuat warga sekitar ramai-ramai mendatangani lokasi kejadian.